Kenapa Ada Kotak Kuning di Persimpangan Jalan?

Pernahkah kamu melihat garis berwarna kuning di persimpangan jalan raya? Jika dirunut, garis tersebut ternyata membentuk sebuah kotak. Lantas, apa maksud dan tujuannya?

Kamis, 15 Maret 2018 09:30
Foto : instagram.com/dishubsurabaya
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pernahkah kamu melihat garis berwarna kuning di persimpangan jalan raya? Jika dirunut, garis tersebut ternyata membentuk sebuah kotak. Lantas, apa maksud dan tujuannya?

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Dinas Perhubungan, dalam akun instagramnya, @dishubsurabaya, kotak itu disebut sebagai Yellow Box Junction (YBJ). Disebut demikian karena marka jalan ini berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang berwarna kuning.

YBJ berfungsi sebagai kawasan kosong tanpa kendaraan atau benda penghalang lainnya. Marka ini bertujuan untuk mencegah kemacetan di salah satu jalur. Selain itu, juga mencegah terhambatnya arus jalur lain.

Kemudian, bagaimana aturan main marka jalan ini? Ketika masih ada pengguna jalan dalam kotak tersebut, pengendara lain tidak boleh melaju. Mereka baru boleh berjalan ketika area YBJ telah kosong.

Adanya marka tersebut diharap mampu mengurai kemacetan karena persimpangan yang terkunci. Yellow Box Junction akan berfungsi dengan efektif jika ada kesadaran dari pengguna jalan.

A post shared by Dinas Perhubungan Surabaya (@dishubsurabaya) on Mar 8, 2018 at 10:23pm PST

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami