Kenali 9 Penyebab Cat Mobil Kusam

Cat ibarat sebuah kosmetik bagi mobil. Agar mobil selalu tampil cemerlang, tentu cat harus dilindungi dari serangan 'musuh-musuh' yang berpotensi merusaknya.

Kamis, 17 Januari 2013 19:35
Kenali 9 Penyebab Cat Mobil Kusam Ilustrasi

Editor : Anton

Otosia.com - Cat ibarat sebuah kosmetik bagi mobil. Semahal apapun mobil Anda, kalau catnya rusak tentu penampilannya buruk. Sebaik apapun mutu cat, lambat laun warnanya akan pudar dan rusak juga.

Hal itu disebabkan oleh pemakaian mobil yang sembrono, kurangnya perawatan serta selalu menghindarkan mobil dari kondisi suhu yang terlalu ekstrim. Agar mobil selalu tampil cemerlang, tentu cat harus dilindungi dari serangan 'musuh-musuh' yang berpotensi merusaknya.

Ada baiknya kita mengetahui beberapa musuh cat: 

1 dari 9 Halaman

Air

Air

Cairan yang satu ini bisa menjadi teman sekaligus musuh cat. Air bisa digunakan membersihkan cat yang kotor, namun jangan membiarkan sekali-kali air mengering dengan sendirinya, karena itulah awal dari pembentukan jamur.  

Mencegahnya mudah saja. Cucilah mobil di tempat yang tidak terkena matahari langsung untuk mencegah air mengering sendiri. Setelah membilas, langsung keringkan permukaan body mobil yang basah.

Bila mobil terguyur hujan dalam perjalanan, ada baiknya segera keringkan titik air dengan chamois begitu anda sampai di tujuan.

2 dari 9 Halaman

Debu

Debu

Butiran yang satu ini memang selalu kita jumpai di mana-mana, sehingga mustahil bila mengharuskan cat mobil terhindar dari butiran debu. Namun butiran debu merupakan faktor utama timbulnya baret di permukaan cat, apabila cara membersihkannya salah.

Hanya ada satu cara untuk membersihkannya, adalah dengan mencuci dengan air. Karena hanya airlah yang dapat mengangkat butiran debu tanpa terjadi gesekan dengan permukaan cat.

3 dari 9 Halaman

Cover Mobil

Cover Mobil

Sarung atau penutup mobil memang efektif melindungi mobil dari sengatan matahari dan debu. Tetapi bila bahan yang digunakan masih tembus air, pelindung ini justru bisa menjadi boomerang.

Mobil yang kehujanan dalam keadaan tertutup justru membuat air terperangkap di bawahnya. Begitu penutup dibuka akan langsung terlihat jamur melekat pada permukaan cat.

4 dari 9 Halaman

Sabun

Sabun

Pakailah selalu shampoo atau sabun dengan pH seimbang mobil untuk mencuci. Jangan mengunakan detrejen dan sejenisnya, karena justru akan membuat cat mobil kusam.

Ada beberapa jenis sabun yang berbekas bila digunakan untuk mencuci mobil, bahkan sabun colek ada yang mengandung butiran yang bisa membuat baret permukaan cat mobil.

5 dari 9 Halaman

Kotoran Burung

Kotoran Burung

Kotoran burung mengandung bahan kimia yang bisa bereaksi dengan cat. Karena itu jangan biarkan kotoran burung melekat lama di permukaan cat, karena akan menimbulkan bercak yang sangat sulit dihilangkan. Segera bersihkan dengan air.

6 dari 9 Halaman

Getah Pohon

Getah Pohon

Untuk menghindari sengatan matahari di tempat terbuka, salah satu cara yang efektif adalah memarkir mobil di bawah pohon. Tetapi buah atau getah pohon yang jatuh juga bisa merusak cat.

Kalau masih baru, kotoran ini bisa dibersihkan dengan air, tetapi jika agak lama getah pohon bisa bereaksi dengan cat sehingga menimbulkan bekas atau bercak yang tdk dapat dihilangkan sekalipun dengan dipoles.

Hal tersebut dikarenakan reaksi yang terjadi telah menembus sampai ke pori-pori cat yang paling dalam.

7 dari 9 Halaman

Aditif Air Wiper

Aditif Air Wiper

Menambahkan wiper fluid pada air pencuci kaca memang efektif mengusir munyak dari permukaan kaca. Namun beberapa produk wiper fluid justru meninggalkan noda di permukaan cat. Pastikan product yang anda gunakan tidak merusakan cat.

8 dari 9 Halaman

Cairan Elektrolit

Cairan Elektrolit

Cairan elektrolit (accu/aki) yang sudah bereaksi dengan membrane sel accu aktif juga merupakan musuh utama cat. Jadi saat menambahkan cairan elektrolit accu jangan sampai terlalu penuh. Karena tumpahan dan uapnya dapat merusak cat.

Bila hal ini terjadi segera siram bagian yang terkena cairan elektrolit accu dengan air hangat. Hal ini hanya dapat dilakukan sesegera mungkin, karena apabila tetesan atau tumpahan cairan tersebut berada di permukaan cat lebih dari sekian detik, maka dipastikan Anda harus mengecat ulang bagian tersebut.

9 dari 9 Halaman

Minyak Rem

Minyak Rem

Meskipun fungsinya vital minyak rem juga sangat berbahaya bagi cat, apalagi jenis yang tidak netral. Harus ekstra hati-hati saat menuangnya, jangan sampai tumpah atau mengenai body mobil. Bila tumpah segera siram dgn air hangat.

Kondisi, penanganan dan akibat yang terjadi sama persis dengan point No. 7 di atas.

(kpl/bun)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami