Kenali 3 Hal Penyebab Ban Mobil Cepat Gundul

Satu-satunya komponen mobil yang menempel ke jalanan ialah ban. Jika part ini tak ada, sebaik apa pun mesinnya, mobil tentu tak akan berjalan.

Sabtu, 26 Mei 2018 16:45
Foto: Automotivestandpoint.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Satu-satunya komponen mobil yang menempel ke jalanan ialah ban. Jika part ini tak ada, sebaik apa pun mesinnya, mobil tentu tak akan berjalan.

Namun, tak sedikit orang yang lalai melakukan perawatan ban mobil, bahkan hingga gundul atau permukaannya halus. Hal itu tentunya tak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, usia kendaraan pun semakin pendek jika ban mobil tidak terawat. Bahkan, konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien alias boros.

Karena itu, Otolover perlu mengetahui 3 hal penyebab kerusakan ban mobil menurut Nissan.co.id:

1. Cara mengemudi

Apapun jenis mobil dan ban yang digunakan, cara mengemudi yang salah bisa memperpendek usia ban. Mengerem tiba-tiba setelah melaju kencah adalah salah satu kebiasaan yang harus dihindari. Selain itu, tak peduli dengan kondisi jalan juga membuat ban cepat rusak.

2. Tekanan angin

Laju mobil dipengaruhi oleh tekanan angin ban. Karena itu, setiap jenis memiliki rekomendasinya masing-masing dan harus pas. Pasalnya, jika tekanan angin kurang atau berlebih bisa berdampak pada ban dan kendaraan.

3. Mekanisme mobil

Hal yang terkesan sepele namun dampaknya begitu terasa ialah rotasi ban. Karena itu, setiap pengendara perlu memahaminya untuk menghindari keausan ban di satu sisi saja. Untuk itu, pergantian posisi ban dan spooring perlu dilakukan.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami