Kenalan dengan Embargo Parkir, Garis Zig-Zag Kuning di Tepi Jalan

Pernah melihat marka jalan berbentuk zig-zag berwarna kuning? Itu namanya Embargo Jalan dan punya fungsi yang sama dengna Yellow Box Junction.

Kamis, 01 Agustus 2019 22:15
Kenalan dengan Embargo Parkir, Garis Zig-Zag Kuning di Tepi Jalan Embargo parkir (Toyota Samarinda)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Saat memiliih jalur paling kiri, terkadang sedikit menyebalkan karena ada garis zig-zag berwarna kuning yang dicetak timbul. Kalau Otolovers belum tahu, garis marka itu dijuluki Embargo Parkir.

Garis marka ini kerap dijumpai di jalan-jalan yang padat kendaraan dan cenderung sempit. Biasanya Embargo Perkir ini ada di kedua sisi jalan.

Bagi yang belum paham soal marka ini terkadang bikin bertanya-tanya buat apa sih marka ini? Sebab, seperti beberapa tahun belakangan saja baru terlihat si marka kuning bergerigi.

 

1 dari 2 Halaman

Fungsi Embargo Parkir

Fungsi Embargo Parkir

Rupanya, Embargo Parkir ini punya fungsi yang sama dengan Yellow Box Junction. Tahu kan, marka kotak dengan garis kuning yang biasa terlihat di persimpangan.

Merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2014 tentang Marka Jalan, Embargo Parkir itu adalah marka dilarang berhenti atau parkir di lokasi tersebut.

2 dari 2 Halaman

Dilarang Berhenti

Artinya, seperti dijelaskan pada pasa 39 huruf b, dinyatakan bahwa di garis berbiku-biku (bergerigi) berwarna kuning itu menunjukkan bahwa pengendara benar-benar dilarang parkir atau pun berhenti di atas garis tersebut.

Aturan itu wajib ditaati ya Otolovers. Jika sudah tahu fungsinya begini, jangan pura-pura tak tahu lalu melanggarnya ya.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami