Kenal Lebih Dekat dengan Nenek Moyang Kawasaki Versys-X 250

Jauh sebelum Kawasaki Versys-X dirilis, pabrikan asal Jepang ini pernah punya moto-adventure 250cc, yaitu Kawasaki KLE250 Anhelo atau kerap disapa Kawasaki Anero.

Jum'at, 29 Juni 2018 13:45
Foto: Landnseapowersports.net
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Saat ini, tidak terlalu banyak produk yang bersaing di pasar motor adventure 250cc Indonesia. Salah satu model yang cukup dikenal ialah Kawasaki Versys-X. Moto-adventure ini merupakan anggota terkecil dari Kawasaki Verys series.

Jauh sebelum Kawasaki Versys-X dirilis, pabrikan asal Jepang tersebut juga pernah punya moto-adventure 250cc, yaitu Kawasaki KLE250 Anhelo atau kerap disapa Kawasaki Anero. Bahkan, ada yang meyebut bahwa motor ini merupakan nenek moyang Kawasaki Verys-X yang beredar sekarang ini.

Angapan tersebut tidaklah keliru. Pasalnya, desain yang diusung keduanya tak jauh berbeda, style unik khas motor dual-sport dengan velg spoke-wheel berbeda diameter, depan 19 inci dan belakang 17 inci. Selain itu, Kawasaki Anero juga telah dilengkapi monoshock Uni-Trak, ban dual-purpose, dan double disc-brake.

Bedanya, Kawasaki Anero menggunakan knalpot undertail layaknya Kawasaki KLX series. Sedangkan Kawasaki Versys-X 250 memiliki knalpot di samping swing-arm. Meski demikian, keduanya cukup mirip sehingga bisa jadi motor ini benar-benar inspirasi pembuatan Kawasaki Versys-X 250.

Alih-alih membuat mesin khusus untuk motor dual-sport, Kawasaki Anero justru dibekali dapur pacu Kawasaki Ninja 250 waktu itu. Tenaga 35hp dan torsi 23,5 Nm dihasilkan oleh mesin 2-silinder DOHC dengan dua buah karburator Keihin CVK30. Dengan spesifikasi tersebut, kecepatan maksimal Kawasaki KLE250 Anhelo diklaim mampu menembus 150 kpj.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami