Keluhan Mobil Baru Makin Banyak Tahun 2017, Rupanya Begini Penjelasannya

Mobil baru bukanlah jaminan bebas masalah. Banyak pengguna kendaraan roda empat yang menyampaikan komplain atas mobil mereka.

Kamis, 01 Februari 2018 14:00
Foto Ilustrasi : Nazar Ray
Editor : Cornelius Candra
Reporter : Nazarrudin Ray
Otosia.com -

Para pemilik kendaraan baru mengalami permasalahan awal yang lebih tinggi dalam hal kualitas sebagai akibat dari peningkatan penggunaan kendaraan.

Begitulah salah satu kesimpulan menurut J.D. Power 2017 Indonesia Initial Quality StudySM (IQS), yang dirilis hari ini.

Berdasarkan data mereka, secara keseluruhan, kualitas awal rata-rata pada tahun 2017 adalah 109 PP100, dibandingkan dengan 70 PP100 pada 2016.
Peningkatan ini dipengaruhi terutama oleh banyaknya jumlah permasalahan yang diukur dalam empat kategori.

Ada mesin dan transmisi (+8 PP100); audio, hiburan atau navigasi (+8 PP100); interior kendaraan (+7 PP100); dan pengalaman berkendara (+6 PP100).
Kualitas awal diukur sebagai jumlah rata-rata permasalahan yang dialami per 100 kendaraan (PP100). Dalam hal ini, skor yang lebih rendah mencerminkan kualitas yang lebih tinggi.

Studi menemukan 45% dari pemilik kendaraan tahun ini telah mengemudikan kendaraan mereka lebih dari 6.000 kilometer dalam dua hingga enam bulan pertama kepemilikan, naik dari sebelumnya 41% di tahun 2016.

Jumlah rata-rata kilometer perjalanan selama periode kepemilikan ini juga meningkat menjadi 8.553 kilometer, naik dari 6.928 kilometer di tahun lalu.

Hal ini lalu memunculkan permasalahan kualitas awal yang lebih tinggi dari pemilik.

"Sama seperti beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan dalam penggunaan kendaraan baru terutama mengingat kondisi berkendara di Indonesia," kata Kaustav Roy, Direktur J.D. Power Singapura.

Hal itu menurut dia menyebabkan pemilik kendaraan banyak yang menghabiskan waktu mereka di kendaraannya.

"Semakin banyak waktu yang dihabiskan pemilik kendaraan di dalam kendaraannya, mereka akan menjadi semakin sadar akan masalah kendaraan terkait dengan kenyamanan mereka saat mengemudi; pengunaan audio, hiburan atau sistem navigasi dan interior, selain beberapa faktor di area lainnya," ujarnya.

Dalam hal ini, ia mengimbau agar produsen perlu memastikan bahwa fitur-fitur seperti ini sebaiknya dirancang untuk dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama.

BACA INI JUGA DONG

(kpl/nz/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami