Kelistrikan Lebih Kecil, All New Honda CBR150R Lebih Bertenaga

Tak cuma bermodal tampang baru, All New Honda CBR150R juga bersenjatakan tenaga yang lebih baik

Jum'at, 19 Februari 2016 11:15
All New Honda CBR150R (foto: Nazar Ray)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - All New Honda CBR150R dihadirkan dengan perubahan signifikan. Tak hanya desain luar lebih tajam dengan banyak detail dan sudut, teknologi yang digunakan semakin memperkuat performa. Salah satunya adalah kelistrikan. Kelistrikan pada All New Honda CBR150R sudah lebih efisien berkat penggantian spul yang sudah menggunakan 1 phase dan penggunaan Lampu LED.

"Spul All New CBR150R sudah 1 phase. Karena kebutuhan listriknya lebih kecil dibanding yang lama. Kelebihannya lebih awet karena bermain di arus listrik keil," ucap Endro Sutarno, Instruktur Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Penggunaan spul tersebut berbanding lurus dengan lampu LED yang digunakan. Soalnya, lampu-lampu yang terpasang membutuhkan daya yang tak besar. Sebagai contoh headlamp, lampu utama ini kini hanya membutuhkan daya sebesar 11,4 watt. Angka tersebut jauh lebih kecil dibanding generasi lama yaitu 35 watt untuk satu lampu.

"Karena sudah pakai LED, listrik yang dibutuhkan kecil. Kalau yang lama headlampnya 35 watt, sekarang 11,4 watt. Itu untuk low beam ya, kalau high beam cuma 14,4 watt," ucap

Selain headlamp, lampu sein All New Honda CBR150R hanya membutuhkan daya sebesar 2,5 watt dari 21 watt pada generasi sebelumnya. Sedangkan lampu rem dari 21 watt menjadi 2,2 watt.

Menariknya peningkatan kelistrikan tak hanya berpengaruh pada masa hidup aki, namun juga ke performa mesin. Soalnya kelistrikan turut membebani kinerja crankshaft.

"Karena listrik yang dibutuhkan lebih kecil, kerja crankshaft jadi lebih ringan dibanding CBR lama. Jadi performa jadi semakin mantap dan bahan bakar lebih efisien," tuturnya.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fid/nzr/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami