Kebiasaan Sepele yang Bikin Kampas Ganda Motor Matik Habis Sebelah

Tanpa disadari beberapa kebiasaan yang dirasa tak mengganggu, justru menjadi biang kerok sepeda motor bermasalah. Seperti kampas rem yang ternyata habis sebelah.

Sabtu, 01 Juni 2019 15:15
Kebiasaan Sepele yang Bikin Kampas Ganda Motor Matik Habis Sebelah Jangan menahan gas saat melintasi tanjakan dalam kondisi macet memakai motor matik (Motorcycle.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Tanpa disadari beberapa kebiasaan yang dirasa tak mengganggu, justru menjadi biang kerok sepeda motor bermasalah. Seperti kampas rem yang ternyata habis sebelah.

Kok bisa habis sebelah sih? Melansir Suzuki Indonesia, ternyata hal itu akibat kebiasaan menahan gas ketika tekena macet di jalanan yang menanjak.

Biasanya, kebiasaan itu dilakukan untuk menahan motor supaya tak mundur ke belakang. Padahal kebiasaan itu bisa menyebabkan kampas ganda jadi termakan sebelah.

1 dari 1 Halaman

Jangan Buka Gas

Sebab, gas motor matik akan menyebabkan tapak kampas ganda tidak menggigit dengan sempurna. Ketika menahan gas, tapak kampas ganda hanya bagian sebelah saja yang bersentuhan dengan mangkoknya.

Umumnya, yang akan termakan terlebih dahulu adalah tapak kampas ganda bagian depan. Jika sudah termakan sebelah, kampas ganda menjadi tidak akan mampu bekerja dengan maksimal. Hasilnya, motor matik akan terasa kurang nyaman ketika berakselerasi.

Maka itu, jika terjebak macet di tanjakan, jangan menahan motor matik dengan membuka gas. Tahanlah motor memakai rem atau gunakan fitur parking lock jika ada.

 

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami