Kebakaran Hutan di Indonesia Ancam Penyelenggaraan F1 Singapura

Kualitas udara Singapura menurun akibat kebakaran hutan di Riau. Akibatnya, penyelenggaraan balap Formula 1 akhir pekan ini terancam.

Rabu, 18 September 2019 10:15
Kebakaran Hutan di Indonesia Ancam Penyelenggaraan F1 Singapura Formula 1 Singapura terancam asap kebakaran hutan Indonesia (Bola.net)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Kebakaran hutan di Indonesia, rupanya berimbas ke hal lain. Penyelenggaraan Formula 1 GP Singapura pun terancam asap akibat kebakaran hutan di Riau, Sumatera.

Kebakaran hutan tersebut membuat kualitas udara di Singapura saat ini tercatat sebagai yang terburuk selama tiga tahun terakhir. Dilansir oleh Badan Lingkungan Nasional (NEA) Singapura. Selama 24 jam pengamatan, indeks standar kualitas udara Singapura tercatat mencapai angka 87-106, di mana angka 100 sudah dianggap tidak sehat.

Peristiwa ini pun pastinya menimbulkan efek domino. Asap yang menyelimuti udara dianggap bisa mengganggu kesehatan masyarakat dan operasional penerbangan pesawat. Atas hal ini, penyelenggara F1 GP Singapura telah merancang rencana cadangan.

"Sebuah rencana sedang digodok dan dibicarakan dengan pihak-pihak terkait, badan pemerintahan, dan komunitas F1," tulis pernyataan resmi penyelenggara seperti yang dilansir AFP.

"Dalam gelaran ini, asap bisa mengganggu penglihatan, kesehatan masyarakat, dan isu operasional. Jadi GP Singapura akan bekerja sama dengan agensi terkait sebelum mengambil keputusan soal gelaran ini," lanjut mereka.

1 dari 1 Halaman

Pernah Ancam MotoGP

F1 bukan ajang olahraga pertama yang penyelenggaraannya sempat terancam oleh kebakaran hutan di Indonesia. MotoGP Malaysia pada 2015 lalu, yang digelar pada bulan Oktober, juga sempat dikhawatirkan batal karena Sirkuit Sepang diselimuti asap.

Menjelang F1 GP Singapura akhir pekan ini, pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton masih memuncaki klasemen pebalap dengan 284 poin. Pebalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, berhasil memenangi dua seri terakhir, yakni Spa-Francorchamps, Belgia, dan Monza, Italia.

Sumber: Bola.net

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami