Ke mana Larinya Ribuan Limbah Kardus Onderdil Honda?

Limbah industri otomotif tak hanya oli atau bekas accu. Tapi juga kardus kemasan spare part. Limbah-limbah itu harus diolah lagi agar tak mencemari lingkungan.

Sabtu, 24 Agustus 2019 19:15
Ke mana Larinya Ribuan Limbah Kardus Onderdil Honda? Reuse, penggunaan kembali limbah pembungkus spare part (istimewa)

Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Selain oli dan bahan yang terbuat dari logam, kardus menjadi bagian dari mata rantai limbah yang dihasilkan dari dealer atau bengkel kendaraan bermotor. Jika tidak ditangani dengan baik, limbah-limbah tersebut akan mencemari lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan manusia. Selain itu juga berakibat pada pemborosan, terutama kardus pembungkus suku cadang.

Hanya sedikit gerai atau bengkel yang menyadari bahwa kardus sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali. Bayangkan, ribuan kardus kertas pengiriman pabrik spare part ke tanpa penanganan yang tepat dipastikan menjadi tumpukan sampah yang mengganggu.

Salah satu main dealer sepeda motor Honda yang mencoba memanfaatkan kembali limbah kardus adalah PT Wahana Makmur Sejati (Wahana). Honda Genuine Part (HPG) dan Honda Genuine Accessories (HGA) juga menjadi bagian yang diurus Wahana pada lingkup yang sama.

1 dari 1 Halaman

Reuse

Ribuan kardus pengiriman onderdil ke Wahana Spare Part Disribution Center di Cimanggis Depok, Jawa Barat, kembali dipakai untuk pengiriman untuk membungkus part dan sebagainya.

"Reuse, cara kami mengolah ratusan bahkan ribuan kardus kertas bekas pengiriman pabrik kepada kami. Untuk itu Wahana mencoba mengakalinya dengan merubah bentuknya sehingga bisa digunakan kembali," papar Group Head of Corcom Wahana, Evi Haryadi.

Namun kardus bekas beragam ukuran tersebut tidak langsung dipakai, melainkan dimodifikasi kembali menjadi beberapa bagian sehingga dapat digunakan kembali untuk mengemas pengiriman barang kepada jaringan Wahana yang berada di seluruh Jakarta Tangerang.

"Setelah pengelolaan limbah aki, pengadaan taman hidroponik di beberapa lokasi cabang Wahana, dan pengolahan beragam limbah bengkel dengan lebih bertanggung jawab. Penggunaan kembali kardus bekas ini jadi langkah lain menggunakan kembali barang bekas demi lingkungan," terang Evi.

Wahana mewajibakan seluruh jaringan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) untuk menyerahkan kepada wadah resmi yang memiliki tanggung jawab mengambil dan mengelola limbah tersebut.

(kpl/nzr/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami