Kawasaki Z800 Sudah Dilengkapi ABS

Kala itu, Z250 hadir tanpa sistem rem ABS. Kini satu anggota keluarga Z juga dihadirkan di Indonesia yakni Z800. Namun rupanya si bongsor tersebut dipasangi sistem rem ABS.

Jum'at, 21 Juni 2013 20:15
Ilustrasi: Headlight Kawasaki Z800 (Foto: Nazar R)
Editor : Albert

Otosia.com - PT Kawasaki Motor Indonesia pada awal tahun ini meluncurkan model street fighter Kawasaki Z250 di Jakarta. Kala itu, Z250 hadir tanpa sistem rem ABS. Kini satu anggota keluarga Z juga dihadirkan di Indonesia yakni Z800. Namun rupanya si bongsor tersebut dipasangi sistem rem ABS.

"Z800 menggunakan ABS. Untu pasar di Indonesia, ABS saja," ungkap Yoshihiro Tanigawa, Presiden Direktur Kawasaki Motor Indonesia, dalam bahasa Inggris yang terbata-bata dan dibantu oleh pembawa acara.

Untuk penghenti laju, selain ABS, Kawasaki memasangkan Z800 dengan rem depan petal disc ganda 310 mm bersistem semi-floating, dan belakang single ukuran 250 mm. Z800 pun menggunakan suspensi depan inverted fork adjustable, sementara suspensi belakang bottom-link Uni-Trak.

Kawasaki Z800 - Rem ABS

Mengingat mesinnya yang besar dan tentu saja bertenaga besar, tak salah jika Z800 dipasangi ABS.

Sebagai gambaran, ABS adalah sistem yang bekerja secara bertahap ketika rem bertemu piringan atau cakram rem.

Tidak seperti rem standar yang tanpa variabel, sentuhan antara cakram dan rem berlangsung setahap demi setahap sampai akhirnya mengunci di titik pengereman yang diinginkan, dalam waktu singkat, tanpa membuat mobil tergelincir alias selip andaikata tiba-tiba rem yang mencengkeram ban terkunci mendadak.

Urusan mesin, motor berharga Rp 169 juta on-the road untuk wilayah Jakarta ini menggunakan mesin berkapisitas  800cc empat silinder dan tersusun segaris atau paralel. Ia mengadopsi sistem noken as DOHC dengan sistem suplai bahan bakar injeksi.

Kawasaki Z800

(kpl/why/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami