Kawasaki Verys 650 Punya Penantang Baru dari China, SWM Superdual T600

Segmen sepeda motor dunia nampaknya tengah naik daun. Pasalnya, tak sedikit pabrikan yang menciptakan motor petualang tersebut.

Kamis, 19 April 2018 12:45
Foto : Zigwheel.com
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Segmen sepeda motor dunia nampaknya tengah naik daun. Pasalnya, tak sedikit pabrikan yang menciptakan motor petualang tersebut.

Belum lama ini, perusahaan otomotif Italia menghadirkan penantang Kawasaki Versys 650. Dilansir dari Financial Express, moto-adventure yang melakoni debutnya di India itu bernama SWM Superdual T600.

Menurut sumber yang sama, SWM sebenarnya telah dimiliki oleh perusahaan otomotif asal Tiongkok, Dhina Shineray Group. Penjualan motor yang diluncurkan pada gelaran Great Trail Adventure di Pune itu dipegang oleh Kinetic. Diketahui, Kinetic pun memegang penjualan motor asal Italia lainnya, MV Agusta.

Aura motor petualang langsung terasa jika melihat desain SWM Superdual T600. Pada motor tersebut terpasang engine guard, lampu tambahan, dan pannier atau box samping. Selain itu juga terdapat windshield khas moto-adventure di atas LED headlight.

Untuk mendukung statusnya sebagai motor dual purpose, SWM membuat ground clearance Superdual T600 lebih tinggi dari motor pada umumnya, yakni mencapai 180 mm dengan jok setinggi 898 mm.

Mengenai dapur pacu, SWM Superdual T600 mengusung mesin 1-silinder 600cc 6-percepatan berpendingin cairan. Konfigurasi tersebut menawarkan tenaga sebesar 56 hp dan torsi mencapai 53,5 Nm.

Di sisi kaki-kaki tersemat suspensi depan upside-down dan dipadukan dengan velg 19 inci. Sementara bagian belakang menggunakan monoshock swing-arm dan ban 17 inci.

Untuk menahan laju SWM Superdual T600 terpasang single disc-brake pada masing-masing velg dan dilengkapi dengan teknologi ABS. Bobot kering motor ini pun terbilang ringan di kelasnya, yakni 169 kg.

Di India, motor ini akan bertarung dengan Kawasaki Verys 650. Ada pula produk dual-purpose lainnya di segmen tersebut, yakni BMW G650GS dan Yamaha Tenere 660.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami