'Kawasaki Mau-Mau Saja Kembali ke MotoGP, Asal...'

Pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki melalui salah satu insinyur andalannya, Ichiro Yoda menyatakan tak memiliki bayangan untuk kembali ke MotoGP dalam waktu dekat

Jum'at, 04 Desember 2015 14:00
Juara WorldSBK 2015 dari Kawasaki Racing, Jonathan Rea. © WorldSBK
Editor : Kanya

Otosia.com - Pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki melalui salah satu insinyur andalan sekaligus pimpinannya di WorldSBK, Ichiro Yoda menyatakan tak memiliki bayangan untuk kembali ke MotoGP dalam waktu dekat, mengingat biaya balap di kejuaraan balap motor paling bergengsi itu kian melambung.

Kawasaki turun di MotoGP secara penuh pada tahun 2003-2008, dan turun pada tahun 2009 sebagai tim independen bersama Hayate Racing dan Marco Melandri, sebelum akhirnya benar-benar vakum. Sejak itu, mereka lebih fokus kepada persaingan di WorldSBK.

Jonathan Rea (65) dan Tom Sykes (66). © WorldSBK

Dalam perjuangannya di WorldSBK, Kawasaki menjelma sebagai salah satu pabrikan motor paling dominan, bersaing dengan Aprilia Racing. Dalam tiga tahun terakhir, Kawasaki meraih gelar dunia melalui Tom Sykes pada tahun 2013 dan tahun ini melalui Jonathan Rea.

"Jika kami kembali, beberapa hal harus berubah. Saat ini aturannya sangat membatasi kami. Ada solusi-solusi teknis yang telah diadopsi pabrikan lain, seperti seamless shift gearbox, yang tak mungkin kami gunakan pada road bike kami. Terlalu mahal, jadi tak sepadan," ujar Yoda dalam wawancaranya bersama Riders Magazine.

Randy de Puniet, salah satu rider andalan Kawasaki MotoGP di atas Ninja ZX-RR. © MCN

Meski Suzuki dan Aprilia sudah kembali ke MotoGP, dan KTM akan turun pada tahun 2017 nanti, Yoda menyatakan Kawasaki belum bisa menyusun sumber daya manusia mereka untuk merakit motor MotoGP yang kompetitif. Menurutnya, aturan teknis MotoGP saat ini juga terlalu membatasi para teknisi pabrikan untuk 'berkarya'.

Pria asal Jepang inipun tak menutup kemungkinan Kawasaki akan kembali, namun Dorna Sports selalu promotor MotoGP harus mengubah aturan. "Jika Dorna mengubah filosofinya dan membuat aturannya lebih terbuka, memperbolehkan semua pabrikan bereksperimen dengan bebas, maka kami bisa kembali ke MotoGP. Tapi untuk saat ini, kami tetap fokus saja pada Superbike," tutup Yoda.

Baca Juga:

(kpl/kny)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami