Kawasaki Diam-Diam Kembangkan Motor Listrik, Hampir 20 Tahun

Ternyata Kawasaki telah mengembangkan motor listrik sejak tahun 2000-an.

Kamis, 14 November 2019 11:15
Kawasaki Diam-Diam Kembangkan Motor Listrik, Hampir 20 Tahun Prototype motor listrik Kawasaki (Kawasaki)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pada gelaran EICMA 2019 lalu, Kawasaki memberi kejutan dengan memamerkan Kawasaki EV Project. Namun, lokasinya tak terlalu istimewa, terletak di pojok belakang booth mereka.

Motor listrik ini menggunakan sasis tubular berwarna hijau dengan baterai besar serta seperangkat komputer yang telah tersusun rapi, atau bahkan bisa dibilang siap produksi.

Sayangnya, mengutip dari Asphalt & Rubber, belum ada informasi detail terkait proyek ini. Meski demikian, Kawasaki sempat merilis sebuah video motor listrik tersebut. Di dalam video pendek berdurasi 1 menit 51 detik yang diunggah akun Youtube Kawasaki ini, tampak bahwa proyek motor listrik itu sudah mendekati tahap akhir.

1 dari 2 Halaman

Sistem KERS

Sistem KERS

Ternyata, Kawasaki telah mengembangkan motor listrik sejak awal tahun 2000-an. Hal itu diungkapkan langsung oleh Yoshimoto Matsuda, Senior Manager Innovation Department Research and Development Division Kawasaki Heavy Industries, Ltd.

Dibalut dengan body Kawasaki Ninja 650, motor listrik ini tampak memiliki gearbox layaknya motor konvensional. Kemungkinan, transmisi tersebut memiliki 4-speed, bukan 6-speed. Menariknya lagi, Kawasaki membekali motor listrik ini dengan Kinetic Energy Recovery System (KERS).

Teknologi ini mampu mengisi ulang daya baterai saat berjalan dengan menekan tuas di sebelah kiri. Dengan berbagai persiapan tersebut, kemungkinan motor listrik Kawasaki akan dirilis dalam waktu dekat dan segera diproduksi massal. Menarik untuk ditunggu.

2 dari 2 Halaman

Simak Videonya

Simak Videonya

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami