Kawasaki Binter Merzy Rock 'n' Roll dari Bandung

Purnama dan Ochim, sang builder merestorasi Binter Merzy berkapasitas mesin 200 cc milik Galih bergaya Rock ‘n’ Roll.

Senin, 30 Mei 2016 09:15
Foto: Nazar Ray
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Balutan konsep yang teraplikasi pada tunggangan yang satu ini menyesuaikan dengan karakter si Empunya. Faktor inilah yang menjadi prioritas sang builder dalam merestorasi Binter Merzy berkapasitas mesin 200 cc milik Galih.

Pasalnya, pria asal Sulawesi itu memasrahkan sepenuhnya pada Purnama dan Ochim selaku Builder yang sama-sama bercokol di wilayah Bandung.

Kepuasan bathin itupun dirasakan oleh si pemilik Binter Merzy, usai melihat hasil akhir rombakannya. Penantian serta besaran kocek yang keluar, untuk merubah tampilan motor sesuai keinginannya terbayar sudah. Konsep Scrambler City Ride miliknya ini menjadi sorotan publik di gelaran Suryanation Motorland 2016 di Bandung, Jawa Barat, pekan akhir kemarin (28/5).

Sentuhan awal untuk merubah konsep motor ini, difokuskan pada kekuatan kaki-kaki, kemudian berlanjut ke frame hingga bodi. Usai mendapat sentuhan secara menyeluruh, proses detailing serta finishing mulai dari step, monel-monel lalu diakhiri dengan painting. Warna dasar hijau pada Binter Merzy, kemudian dirubah menjadi putih dengan guratan desain artistik yang disesuaikan dengan karakter motor.

"Kita fokus pada karakter sang owner yang memiliki gaya Rock 'n' Roll dan ingin menciptakan sebuah karya yang sesuai keinginannya. Awalnya mengusung konsep scrambler dan akhirnya kita sepakat untuk menamakannya Scrambler City Ride," terang Purnama, builder Glanets Radical asal Bandung ini.

Dia mengatakan, warna dasar motor ini awalnya adalah hijau, dengan nama 'Tadilako', dalam bahasa Sulawesinya yaitu Panglima Perang. "Jadi motor ini kita sesuaikan dengan karakter tersebut," tandasnya. Format bodi motor ini menjadi lebih ramping dari sebelumnya, berkat pemotongan frame dan tangki yang dikastem. Kemudian headlamp diubah dan disesuaikan dengan karakter motor.

"Kita juga menggunakan teleskopik, sementara untuk karet boot kita pasang agar kesan scramblernya benar-benar keluar. Bukan saja terlihat dari boot saja, bahkan dari ban juga terlihat lebih sangar," kata Purnama.

Kekuatan konsep scrambler ini juga dapat dilihat dari balutan kaki-kaki mulai dari velg serta cengkraman si 'karet bundar' yang menggunakan ban Duro Sports DM1112 100/100-18 untuk depan dan belakang.

Beralih ke sektor mesin, kapasitas dasar Binter Merzy ini telah mengalami upgrade dari 200cc, kemudian dioversize menjadi 215cc. Alhasil, percepatan rotasi motor ini dapat diandalkan.

Purnama mengklaim, sebelum mengalami upgrade, motor ini dinilai boyo. Namun setelah dioprek, menjadi lebih lincah dan gesit, meski part pendukung hanya mengandalkan freeflow custom atau tanpa saringan. Karburator yang dipakai mencomot PE 26 dari Ninja R.

"Kita sudah pernah mengetest motor ini, dan top speednya mencapai 180km/jam. Tapi karena karet roda ini menggunakan ban offroad jadi nampak seperti tidak gesit," beber Purnama.

Penciptaan konsep Scrambler City Ride, menurut Purnama hanya sebutan anyar buat motor tersebut, lantaran tidak ada aliran modifikasi seperti itu. "Memang gak ada aliran seperti itu, scrambler ya scrambler. Tapi ini hanya sebutan kita saja," tegasnya.

Proses modifikasi yang memakan waktu 4 bulan ini telah menguras biaya kurang lebih Rp 25 juta.

Menurut pria pemilik bengkel Glanets Radical ini menjelaskan, mayoritas member Street Custom lebih condong ke racing, gaya-gaya road race, cafe racer, scrambler, speed way, dan masih banyak lagi.

"Untuk acuan kita mencomot dari beberapa negara seperti Jepang, Amerika, Inggris serta beberapa negara lainnya. Kemudian dari sanalah kemudian muncul aliran-aliran baru Chopper, Bobber, Cafe Racer dan lain sebagainya," pungkasnya.

Spesifikasi

Owner : Galih

Bodi : tangki kustom, jok kustom

Kaki-kaki : Velg TK, ban Duro Sports DM1112 100/100-18 depan-Belakang, knalpot kustom

Engine : Oversize 215 cc, freeflow , karburator PE 26 Ninja R

Deretan News Motor Modifikasi Keren Lainnya

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami