Kata Valentino Rossi Soal Yamaha MT-15

Peluncuran perdana Yamaha MT-15 ke publik Senin lalu (4/1/2019) terasa istimewa karena langsung dihadiri duo rider Monster Energy Yamaha MotoGP Team 2019, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Rabu, 6 Februari 2019 22 : 15 WIB
Valentino Rossi saat peluncuran Yamaha MT-15 (Otosia.com/Nazarudin Ray)
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Yamaha MT-15 sebenarnya sudah resmi diperkenalkan di kalangan terbatas pada Januari lalu. Hanya saja pada peluncuran perdana ke publik Senin lalu (4/1/2019) terasa istimewa karena langsung dihadiri duo rider Monster Energy Yamaha MotoGP Team 2019, Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Istimewanya lagi, Rossi-lah yang menaiki MT-15 dalam prosesi launching MT-15 di Jakarta, sementara Vinales nyempal MX-King. Bahkan Rossi menyebut MT-15i punya handling dan mauver yang baik.

"Tampangnya agresif, posisi ridingnya pas. Saya merasakan handlingnya baik sekali, sehingga memudahkan untuk bermanuver. Bermanuver jadi lebih baik. Saya suka motor ini," kata The Doctor.

Valentino Rossi saat peluncuran Yamaha MT-15 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Secara tampilan, boleh dibilang motor ini lebih sporti dan eye catching daripada Xabre 150. Lantas apa yang menjadi daya tarik MT-15?

Mulai dari desain wajah, MT-15 lebih berkarakter sebagai street fighter dengan wajah agresif berkat kehadiran dua position light LED menyerupai mata, serta satu lampu utama menyerupai mulut yang sedang terbuka laiknya seekor predator.

Lampu utama MT-15 sendiri terbilang cukup spesial, sebab telah mengadopsi teknologi Projector LED yang mampu menghasilkan cahaya lebih terang dan fokus.

MT-15 juga sudah dilengkapi dengan speedometer full digital dengan tone warna negative serta shift timing light yang berfungsi untuk memberi tahu kepada pengemudi kapan harus melakukan perpindahan gigi.

Sementara handle bar lebar yang menunjang posisi duduk lebih tegak serta kehadiran big bike switch untuk sistem pengoperasian motor (cut off/on dan starter engine), sukses menciptakan kesan moge-look yang kental pada MT-15.

Beralih ke sektor tengah motor. Bodi MT-15 turut dibuat lebih padat namun tetap menghadirkan garis tegas dengan detil sudut yang tajam, terutama pada area tangki serta air shroud yang membuat tampilan motor terlihat berotot dan semakin sporti.

Valentino Rossi saat peluncuran Yamaha MT-15 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Sedangkan bagian buritan pun terlihat sama. Sektor ini mendapat sentuhan lebih padat dengan model jok menyatu dan lebih panjang sehingga menciptakan ruang posisi duduk yang lebih luas serta nyaman baik bagi sang pengendara maupun penumpang.

Penggunaan LED pada lampu belakang turut membuat sistem pencahayaan motor menjadi semakin terang, awet dan efisien.

Kendati punya bodi lumayan besar, namun MT-15 diklaim punya manuver lincah. Seperti kata Rossi, inilah yang menjadi salah satu yang menjadi keunggulannya. Hal ini didukung berkat kehadiran suspensi up-side down (USD) yang tidak hanya meningkatkan handling serta kenyamanan dalam berkendara tetapi turut membuat tampilan motor menjadi gagah.

Pengaplikasian aluminum swing arm yang kokoh dengan bobot ringan serta ban tubeless bertapak lebar turut menghasilkan rasa berkendara yang lebih stabil. Selain itu penggunaan rangka Delta Box yang ikonik pada motor yang terbukti kuat serta kokoh, membuat rasa berkendara MT-15 juga menjadi semakin rigid.

Torsi

MT-15 dibekali dengan mesin berkapasitas 155cc 4-katup dengan 6-percepatan yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 14,2 kW/ 10.000rpm dan menghasilkan torsi sebesar 14,7 Nm/ 8.500rpm. Tidak hanya itu, dapur pacu MT-15 juga sudah dilengkapi liquid cooled (berpendingin cairan) yang mampu menjaga suhu motor tetap stabil serta Variable Valve Actuation (VVA) yang menjadikan torsi merata di setiap putaran mesin.

Kelebihan lain yang ditanamkan pada mesin MT-15 adalah fitur assist yang membuat kopling menjadi ringan serta slipper clutch yang memperhalus proses perpindahan gigi sehingga meningkatkan akselerasi berkendara menjadi lebih cepat.

Pengaplikasian teknologi DiAsil cylinder & forged piston membuat mesin motor menjadi tiga kali lebih awet, kuat dan ringan.

MT-15 hadir dalam tiga pilihan warna yakni Matte Grey, Matte Blue serta Metallic Black dan dipasarkan dengan harga Rp 34.950.000 on the road Jakarta.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/nzr/tys)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami