Kata Teknisi Soal Radio Jamming untuk Curi Mobil

Teknik radio jamming kini mendadak menjadi perbincangan masyarakat. Teknik pengacakan sinyal pada remote mobil ini, disebut-sebut dipakai untuk mencuri mobil atau isi di dalam mobil.

Senin, 02 Juli 2018 21:15
Foto by iStockphoto
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Teknik radio jamming kini mendadak menjadi perbincangan masyarakat. Teknik pengacakan sinyal pada remote mobil ini, disebut-sebut dipakai untuk mencuri mobil atau isi di dalam mobil.

Menurut Technical Service Executive Coorinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, meski informasi ini sudah merebak, namun dirinya selaku teknisi Daihatsu tak pernah mendapatkan kabar atau keluhan langsung dari konsumen.

"Secara teknologi memang ada radio jamming menggunakan radio jammer untuk mengacak sinyal dan segala macam. Tapi sepertinya itu untuk level maling terlalu canggih. Apalagi kalau dia (pelaku) cuma buat ambil radio atau laptop segala macam," ungkap Anjar kepada Liputan6.com, Senin (2/7/2018).

Anjar sendiri merasa ragu jika radio jamming digunakan pencuri. Sebab untuk sinyal radio sendiri telah diatur pemerintah. Termasuk setiap pabrikan akan membuat sinyal alarm berbeda-beda.

"Saya seecara pribadi dan Daihatsu belum mengalami kasus itu, belum pernah dengar langsung soal kasus itu. Kalaupun kunci tiddak bisa dibuka itu karena baterainya lemah, bukan karena di-jump atau diganggu frekuensinya," ucapnya.

Kata Anjar, jika menggunkana teknik radio jamming, secara logika yang terganggu bukan hanya satu mobil, melainkan bisa terjadi pada sejumlah mobil di satu lahan parkir.

Jika modus tersebut benar adanya, Anjar menyarankan, sebaiknya pemilik mobil tidak meninggalkan uang atau barang berharga di dalam mobil ketika parkir.

Sebaliknya, jika pergi ke mall, kantor, atau tempat lainnya maka barang berharga harus ikut dibawa.

"Jika tidak iitu akan mengundang pencurian. Karena mobil bukan tempat penyimpanan barang," tandasnya.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami