Kata Siapa Mobil Listrik Tak Punya Powerbank? Ini Dia Wujudnya

Terbayang tidak, jika mobil listrik benar-benar memiliki powerbank yang bisa mengisi daya baterai di mana saja, seberapa besarkah ukuran powerbank itu?

Selasa, 22 September 2020 21:15
Kata Siapa Mobil Listrik Tak Punya Powerbank? Ini Dia Wujudnya Porsche Taycan 4S (Autoevolution)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Masih ada anggapan bahwa mobil listrik butuh powerbank, layaknya handphone yang bisa ditambah dayanya menggunakan powerbank. Anggapan itu lantas menjadi guyonan orang-orang.

Masih ingat beberapa waktu lalu ketika taksi online yang menggunakan mobil listrik diderek? Netizen masih ada yang melontarkan guyonan tentang powerbank yang ketinggalan.

Tentu saja hal itu cukup menggelitik lantaran terdengar konyol. Terbayang jika mobil listrik benar-benar memiliki powerbank, akan seberapa besar ukurannya?

1 dari 3 Halaman

Nah, Porsche rupanya bisa menjawabnya. Dilansir dari Autoindustriya, Porssche merilis beberapa gambar pengisian daya baru on the go yang bisa diletakkan di mana saja.

Tapi, syaratnya ada lahan yang luas. Pasalnya powerbank alias charger on the go itu sebenarnya dalah sebuah trailer yang bisa menjadi sumber penambah daya bagi mobil listrik.

Trailer itu disebut Mobile Charging Unit. Mereka memanfaatkan truk semi untuk menjadi sumber penambah daya mobil listrik Porsche Taycan, di mana pun mereka sedang memnggelar acara yang berkaitan dengan Taycan.

2 dari 3 Halaman

Seperti pada kegiatan yang melibatkan pelanggan di seluruh Eropa. Tapi sayangnya pengisian daya terbukiti menjadi masalah bagi mereka, terlebih sirkuit balap cenderung jauh dari tempat pengisian daya.

Maka muncullah Mobile Charging Unit tersebut. "Kami seakrang menggunakan truk itu di berbagai acara di seluruh Eropa dan telah melakukan sekitar 5.000 operasi pengisian. Karena hal itu, maka performa mereka pun sudah dicoba dan diuji," kata Director Experential Marketing at Porsche, Ragnar Schulte.

 

3 dari 3 Halaman

Mobile Charging Unit itu sendiri dikembangkan oleh perusahaan Jerman bernama ads-tec. Mereka menggunakan paket baterai besar dengan sisitem distribusi daya yang memungkankan 10 Taycan diisi pada saat bersamaan dengan kapasitas trailer 3,2 megawatt.

Mobile Charging Unit itu bisa mengisi daya total 30 unit Taycan. Menurut Porsche, mengisi daya di Mobile Charging Unit membuthkan waktu 4 jam dalam kondisi baik.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami