Kasat Patwal: YouTuber Doyan Balap Liar dan Viral, Kami Siap Tindak

Satuan Patwal Polda Metro Jaya akan menindak tegas aksi balap liar dan YouTuber yang menjual konten kebut-kebutan di jalan raya.

Sabtu, 19 Juni 2021 13:45
Kasat Patwal: YouTuber Doyan Balap Liar dan Viral, Kami Siap Tindak Petugas menindak pelaku balap liar di jalan Antasari (Satpatwal Polda Metro Jaya)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - YouTube belakangan banyak menayangkan konten viral mengenai balap liar di Antasari, Jakarta Selatan. Kejadian itu akhirnya disikapi oleh pihak Polda Metro Jaya (PMJ). Satpatwal Polda Metro Jaya melakukan penindakan, Sabtu (19/6) dini hari.

Sebelumnya aksi balap liar ini ditayangkan oleh seorang YouTuber yang gemar mempertontonkan aksi balap liarnya di jalan raya.

Penindakan sendiri berawal dari adanya informasi masyarakat mengenai tayangan YouTube mengenai balap liar di area layang Antasari.

 

1 dari 3 Halaman

"Jajaran BM Satpatwal Ditlantas PMJ melaksanakan patroli antisipasi balap liar Sabtu dini hari pukul 01.00 di turunan layang Antasari. Ada 46 kendaraan yang dilakukan penilangan," ujar Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono kepada otosia.com, Sabtu (19/6).

Namun bukan sekadar penilangan, Kasat Patwal juga menyoroti problem viral karena konten tersebut bisa memberikan efek buruk. Bahkan pihaknya akan menindak YouTuber yang bangga videonya viral dengan aksi kebut-kebutan di jalan raya.

2 dari 3 Halaman

"Untuk YouTuber yang membuat konten balap liar mungkin kategorinya di UU ITE dan dapat ditindaklanjuti oleh patroli cyber," ujarnya.

Semua titik lokasi balap liar, kata AKBP Argo, sudah pihaknya petakan, dan akan selalu dilakukan upaya preventif.

"Namun jika tertangkap tangan tentunya akan kami lakukan penindakan terukur sesuai tingkatan kesalahan. Kalau berulang kali melanggar pasti akan kami tilang, tapi kalau baru coba-coba akan kami lakukan teguran dan imbauan," tambahnya.

3 dari 3 Halaman

Ia mengimbau bagi para vlogger maupun YouTuber untuk membuat konten kreatif yang positif. Namun, sangat disarankan untuk selalu mematuhi aturan yang berlaku. 

"Bukan sebaliknya yang negatif apalagi memberikan ruang untuk orang lain melakukan pelanggaran khususnya lalu lintas. Anda viral melanggar, kami siap menindak," tegasnya.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami