Karena Knalpot, PHEV Gagal Kena Keringanan Pajak Indonesia

Mitsubishi sebagai salah satu contoh brand yang menyodorkan Outlander PHEV atau plug in hybrid electric vehicle justru tidak dianggap menyuguhkan mobil listrik

Selasa, 04 Februari 2020 11:15
Karena Knalpot, PHEV Gagal Kena Keringanan Pajak Indonesia Mitsubishi Outlander PHEV (Istimewa)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Mobil hybrid digadang-gadang sebagai solusi terbaik ketika Indonesia didorong untuk punya mobil listrik tetapi belum memadai secara infrastruktur.

Ini juga mulanya dianggap sebagai langkah jitu agar keringanan pajak kendaraan ramah lingkungan bisa diperoleh supaya harganya jadi murah.

Brand Ambassador dari Mitsubishi, pereli Rifat Sungkar, mengatakan bahwa Outlander satu ini menggunakan mesin pembakaran dalam. PHEV sendiri merupakan semacam jembatan bagi publik di Indonesia untuk memperoleh pengalaman terhadap mobil listrik.

"Untuk hybrid dan plug in hybrid, mesinnya itu di Outlander kebetulan sama. Sama-sama 2.400 cc. Kenapa yang masuk Indonesia yang ini? Perlu diketahui bahwa Mitsubishi adalah brand yang menaruh perhatian pada perkembangan teknologi. Kenapa PHEV dihadirkan? karena untuk mengakomodasi perubahan dari mesin pembakaran dalam ke elektrik," ujarnya.

1 dari 2 Halaman

Namun rupanya langkah ini dikabarkan gagal. Mitsubishi sebagai salah satu contoh brand yang menyodorkan Outlander PHEV atau plug in hybrid electric vehicle justru tidak dianggap menyuguhkan mobil listrik.

"Hybrid itu belum pernah populer disebut sebagai electric vehicle karena tidak digerakkan dengan motor listrik. Sementara fokus di Indonesia adalah bagaimana caranya menurunkan polusi udara melalui mobil listrik," ujarnya.

2 dari 2 Halaman

Memang, kata dia, Mitsubishi tidak memiliki mobil listrik. PHEV sendiri harapannya ditujukan untuk mengurangi pajak. Namun karena satu benda ini, ia dianggap bukan mobil listrik.

"Namun ternyata PHEV itu masih dianggap sebagai kendaraan bermesin bensin. Kenapa? karena masih dianggap ada knalpotnya. Namun setidaknya kami sudah memberikan ke publik bahwa kami sudah punya kendaraan semacam ini," ujarnya.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami