Kapan PCX Listrik Mulai Dijual? Ini Jawaban Honda

Setahun lebih sejak diperkenalkan, Astra Honda Motor masih belum mau menjual PCX listrik. Sejauh ini mereka masih menyewakannya.

Jum'at, 21 Agustus 2020 16:15
Kapan PCX Listrik Mulai Dijual? Ini Jawaban Honda Honda PCX Hybrid (Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Diperkenalkan pada tahun 2018 lalu, hingga kini PT Astra Honda Motor (AHM) belum juga melepas PCX listrik ke pasaran. Padahal dua merek lainnya sudah menjualnya lebih dulu, seperti Viar Q1 dan Gesits.

AHM sendiri mengaku memang belum menjualnya ke kustomer umum. Sejauh ini, pasarnya masih bersifat B to B dan masih disewakan saja.

Belum keluarnya regulasi kendaraan listrik dan pasar yang kecil menjadi alasan AHM untuk membatasi pada bisnis persewaan PCX listrik.

 

1 dari 3 Halaman

"Niche market. Peminatnya hanya orang-orang yang suka dengan teknologi dan care sama lingkungan. Kita ada kerjasama dengan driver online," kata Thomas Wijaya, Marketing Director AHM Thomas Wijaya.

Menurut Thomas, menjual motor listrik di Indonesia tidak semudah meniagakan motor konvensional. Selain terbentur pada keterbatasan infrastruknya dan terkait dengan pasca-pakai, baterai yang sudah digunakan juga akan menjadi limbah.

"Masalahnya infrastruktur, chargernya dan limbahnya bagaimana?" tukasnya.
Karena itu Honda masih masih menunggu regulasi rampung. AHM juga masih melihat behaviour konsumen seperti saat swaping baterai, berapa km, paket-paket servis 24 jam, service visit, dan lainnya.

 

2 dari 3 Halaman

Honda sendiri telah mendaftarkan kode kendaraan listrik di Samsat DKI Jakarta beberapa waktu lalu yang diduga sebagai Honda PCX Electric.

Menariknya, NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) kode yang diduga sebagai Honda PCX Electric itu juga tercantum, mencapai Rp 120,8 juta. Lantas kira-kira berapa harga jualnya di pasaran?

 

3 dari 3 Halaman

Sebagai perbandingan, NJKB Honda Forza hanya Rp 59,7 juta. Namun, harga jualnya mencapai Rp 78 juta di situs resmi AHM. Artinya, harga jual adalah 130% dari NJKB.

Jika menggunakan perbandingan tersebut, dengan NJKB Rp 120,8 juta, maka diprediksi harga jual Honda PCX Listrik di Indonesia bisa menyentuh angka Rp 150-160 jutaan.

 

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami