Kampanyekan Benci Produk Luar Negeri, Jokowi Disindir Eks Menteri SBY Pakai Mobil Esemka

Roy Suryo sindir Presiden Jokowi dengan mobil Esemka

Jum'at, 05 Maret 2021 15:45
Kampanyekan Benci Produk Luar Negeri, Jokowi Disindir Eks Menteri SBY Pakai Mobil Esemka Jokowi lapor SPT Tahunan. ©Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengkampanyekan untuk membenci produk luar negeri. Hal ini pun ditanggapi oleh mantan menteri di era SBY, Roy Suryo yang disampaikannya melalui cuitan di Twitter @KRMTRoySuryo2.

Dalam cuitan tersebut, ahli telematika itu juga menyinggung soal mobil Esemka yang seharusnya selalu dipakai Presiden sebagai bentuk kampanye mencintai produk lokal.

Berikut ulasan selengkapnya:

1 dari 4 Halaman

Jokowi Kampanyekan Cintai Produk Lokal

Baru-Baru ini, Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag), agar memiliki kebijakan strategis dalam mengembangkan pasar produk Nasional. Salah satunya, dengan cara menempatkan brand lokal dalam posisi strategis di pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia.

"Tempat yang strategis, yang baik berikan pada brand lokal. Branding harus melekat agar dicintai masyarakat Indonesia dibandingkan produk luar negeri," kata Jokowi saat memberikan arahan Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (4/3).

Untuk menanamkan rasa cinta pada produk lokal, Jokowi juga memerintahkan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi untuk bisa menggaungkan cinta produk Indonesia dan membenci produk luar negeri.

"Ajakan produk Indonesia harus digaungkan, produk dalam negeri gaungkan, gaungkan benci produk-produk dari luar negeri, bukan hanya cinta, tapi benci produk luar negeri. Sehingga betul-betul masyarakat jadi konsumen yang loyal produk Indonesia," tandasnya.

2 dari 4 Halaman

Roy Suryo Sindir Pernyataan Presiden Jokowi

©2018 Merdeka.com

Melalui cuitan di akun twitter, Roy Suryo menanggapi pernyataan Presiden Jokowi tersebut. Ia mengatakan, jika mencintai produk lokal bisa dilakukan tanpa harus membenci produk luar negeri.

"Ini siapa lagi (Oknum Penjilat/BuzzerRp ?) yg kasih masukan sesat thdp Presiden? Mencintai produk Dalam Negeri itu tidak harus dgn membenci Produk Luar Negeri," tulis Roy.

Tak hanya itu, dalam tulisannya itu Roy juga memberikan sindiran halus terhadap pernyataan Jokowi. Menurutnya, jika ingin mencintai produk lokal juga harus dilakukan mulai dari diri sendiri.

"Itupun harus dimulai dari dirinya sendiri, Sudah siapkah ganti Mobil dinas dari Mercedes S-Class ke Esemka? AMBYAR," tambahnya.

3 dari 4 Halaman

Cuitan Lainnya

Twitter/@KRMTRoySuryo2 ©2021 Merdeka.com

Roy Suryo juga nampak membalas cuitan di akun Twitter @jokowi.
Ia mengomentari unggahan Presiden Jokowi yang membagikan potret dirinya saat tengah melakukan kunjungan kerja ke Banten dengan menggunakan helikopter.

Roy Suryo pun kembali mengaitkannya dengan pernyataan Jokowi soal mencintai produk lokal.

"Lho, kok masih pakai Twitter pak? Katanya kita 'disuruh benci' sama Produk2 Luar Negeri? Juga tadi naik Helikopter apa Produk ASLI PTDI? Kenapa tdk naik Esemka (yg "katanya" Produk Nasional ?) utk pergi ke Banten? Kita Tut Wuri Handayani saja, Presiden (harusnya) Sung Tuladha," balas Roy Suryo.

4 dari 4 Halaman

Roy Suryo Sebut Cuitannya Bukan Sindiran

Twitter/@KRMTRoySuryo2 ©2021 Merdeka.com

Kemudian di cuitan lainnya, Roy meminta jika hal tersebut tak dianggap sebagai sindiran. Lantaran ia menganggap jika Indonesia sebenarnya mampu untuk menjunjung tinggi produk lokal.

"India pernah sukses dgn gerakan 'Swadeshi' jaman Mahatma Gandhi,
Mengapa Indonesia tidak? (Meski tdk usah pakai Benci,ya)," tulisnya.

Penulis: Khulafa Pinta Winastya

Sumber: Merdeka.com

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami