Kaleidoskop SUV yang Meluncur di Tahun 2021

Segmen mobil SUV diramaikan dengan banyak peluncuran model baru tahun ini. Ada apa saja?

Kamis, 30 Desember 2021 08:15
Kaleidoskop SUV yang Meluncur di Tahun 2021 Ilustrasi peluncuran Hyundai Creta di GIIAS 2021 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Selain LMPV, pasar mobill SUV di tahun 2021 makin pada dengan kehadiran sejumlah model baru. Ini menjadi bukti bawah segmen SUV terus tumbuh di pasar otomotif Indonesia.

Selain dari brand Jepang, brand Eropa, Korea Selatan, hingga tiongkok juga turut memperkenalkan model terbarunya di tahun ini. Baik  SUV kompak, Medium SUV, hingga SUV ladder frame.

Berikut daftar mobil SUV yang mengaspal di Indonesia sepanjang tahun 2021:

1 dari 9 Halaman

1. Toyota Raize

PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis  Toyota Raize pada bulan April 2021 lalu. Selain menjadi SUV terjangkau, Raize juga menjadi mobil Toyota termurah dengan peranti keselamatan Toyota Safety Sense (TSS).

2. Daihatsu Rocky

Masih di bulan yang sama, PT Astra Daihatsu Motor memperkenalkan kembaran Raize, yakni Daihatsu Rocky. Sama seperti kembarannya, Rocky menjadi produk pertama ADM yang dibekali teknologi keselamatan canggih Advanced Safety Assist (ASA).

2 dari 9 Halaman

3. Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line

Merek asal Jerman, Mercedes-Benz memperkenalkan SUV terbarunya GLA 200 AMG Line pada pertengahan 2021 silam. SUV ini dirakit secara lokal di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat dan tampil dengan berbagai penyempurnaan.

4. BMW X1 dan BMW X3

Menjelang awal tahun 2021, BMW Group Indonesia meluncurkan dua SUV terbarunya, yakni X1 dan X3. Model X1 diposisikan sebagai SUV BMW paling terjangkau, sedangkan X3 disediakan bagi yang konsumen yang mencari ruang kabin yang lebih lapang.

3 dari 9 Halaman

5. Honda CR-V

PT Honda Prospect Motor (HPM) menyegarkan Honda CR-V tahun ini. Mobil tersebut disematkan fitur keselamatan aktif Honda Sensing untuk tipe termahal Prestige dan mengusung tampilan baru yang lebih up to date. Selain itu, HPM juga menghadirkan varian Black Edition beberapa waktu lalu.

6. Mitsubishi Pajero Sport

Di tahun 2021 PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebenarnya meluncurkan Pajero Sport dua kali. Merek berlogo tiga berlian itu awalnya memperkenalkan edisi terbatas Rockford Fosgate dan dalam waktu dekat, merilis New Pajero Sport dengan beragam improvement.

4 dari 9 Halaman

7. Wuling Almaz RS

Setelah kesuksesan Almaz di tahun sebelumnya, Wuling Motor Indonesia memperkenalkan versi Almaz RS. Mobil tersebut diposisikan sebagai produk andalan Wuling. SUV ini dimodali beragam fitur dan teknologi canggih, termasuk perintah suara berbahasa Indonesia.

8. Mazda CX-5 dan Mazda CX-9

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) juga memboyong uda SUV baru mereka ke Indonesia, yakni Mazda CX-5 dan Mazda CX-9. Model yang pertama diberikan beberapa penyegaran di bagian interior dan hanya tersedia dalam tipe GT. Lalu CX-9 tampil sebagai flagship Mazda di Indonesia dengan sistem penggerak empat roda (AWD).

5 dari 9 Halaman

9. Hyundai Santa Fe

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) menyegarkan SUV bongsornya, Santa Fe. Sama seperti Pajero Sport, perubahan pada mobil ini masih tergolong facelift, meski perbedaan dengan model sebelumnya cukup signifikan. Paling mencolok adalah fascia baru dan bagian konsol tengah yang sekarang lebih tinggi

10. KIA Sonet 7-seater

Untuk menambah pilihan masyarakat Indonesia, PT Kreta Indo Artha (KIA) menyodorkan Sonet versi tujuh penumpang. SUV tersebut kini mempunyai kursi baris ketiga dengan AC double blower. Namun sunroof dan armrest di kursi baris kedua harus tidak ditemui pada varian ini.

6 dari 9 Halaman

11. Renault Kiger

Siap menyaingi Raize dan Rocky, PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) memboyong Kiger ke Indonesia. Mobil dengan basis dari Nissan Magnite ini tampil sporti dan chunky dengan fitur-fitur baru yang jarang ditemukan di antara rival-rivalnya.

12. MG ZS

MG Motor Indonesia tantang kesuksesan Honda HR-V dengan turut memboyong MG ZS facelift. Meski terbilang facelift, MG meghadirkan beberapa perubahan besar, terutama dari segi eksterior dan interior.

7 dari 9 Halaman

13. Daihatsu Terios

ADM menyegarkan Terios melalui teknologi Idling Start Stop (ISS) tahun ini. Alat itu berfungsi untuk menghemat konsumsi bahan bakar dengan cara mematikan mesin saat mobil dalam kondisi stasioner.

14. Honda BR-V

Selain CR-V, HPM juga menghadirkan All New BR-V. Mobil ini menganut styling baru yang terlihat lebih proper dan mewah. Selain itu, SUV ini juga menjadi mobil Honda termurah dengan peranti Honda Sensing.

8 dari 9 Halaman

15. Hyundai Creta

SUV Hyundai Creta pertama kali diperkenalkan di GIIAS 2021 di ICE, BSD City, Tangerang. Pesaing Honda HR-V tersebut mengusung tampang baru Hyundai dengan fitur-fitur kenyamanan dan keselamatan terbaru.

16. Isuzu mu-X

Masih pada GIIAS 2021, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) meluncurkan mu-X paling anyar. Mobil tersebut disematkan mesin 1.900cc diesel yang diklaim lebih efisien dan bertenaga. Hanya saja, fokus pasarnya untuk kebutuhan kendaraan operasional tambang. Tidak heran jika mu-X terbaru minim fitur.

9 dari 9 Halaman

17. Seltos GT Line dan CRDi

Terakhir adalah KIA Seltos. KIA menghadirkan dua model Seltos sekaligus pada hari pertama GIIAS 2021 lalu. Pertama adalah GT Line yang diposisikan sebagai model termahal, sedangkan CRDi ditanamkan mesin diesel turbo.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami