Kaleidoskop 2020: 3 Mobil Listrik Meluncur di Indonesia Tahun Ini

Sepanjang 2020 ini ada 3 mobil listrik baru yang dirilis oleh Hyundai dan Lexus di Indonesia.

Selasa, 08 Desember 2020 17:45
Kaleidoskop 2020: 3 Mobil Listrik Meluncur di Indonesia Tahun Ini Mobil listrik Hyundai Ioniq Electric (Hyundai)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Era elektrfikasi kendaraan di Indonesia mengalami kemajuan pesat selama 2 tahun belakangan. Beragam mobil hybrid dan full-electric bertenaga baterai hadir untuk pasar otomotif Tanah Air dengan banderol yang bervariasi.

Di tahun 2020 ini saja, setidaknya ada 3 mobil listrik yang dirilis di Indonesia. PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) pada November lalu langsung menghadirkan sepasang kendaraan bertenaga baterai, yakni Hyundai Ioniq Electric dan Hyundai Kona Electric.

Tak lama berselang, PT Toyota Astra Motor (TAM) lewat Lexus Indonesia juga merilis sebuah SUV mewah bertenaga listrik, yakni Lexus UX 300e. Pada masa awal ini, mereka menyasar segmen premium terlebih dahulu.

Berikut ulasan mengenai ketiga mobil listrik yang dirilis Indonesia pada 2020 ini:

 

1 dari 6 Halaman

Hyundai Ioniq Electric

Hyundai IoniqElectric terlahir sebagai mobil hatchback 5-seater yang berkesan modern dan elegan. Sektor depannya dihuni LED DRL dan LED headlight, dan gril futuristis. Geser ke samping, tampak velg aluminium yang streamline, siluet body melengkung halus, dan emblem "BlueDrive". Sedangkan bagian belakang memiliki LED taillight dan lekuk sporty.

Masuk ke interior, terdapat head-unit touchscreen 8 inci dengan beragam fungsi, salah satunya sistem hiburan. Instrumen panelnya pun menampilkan informasi yang komplet, seperti kecepatan, jarak yang bisa ditempuh dengan baterai tersisa, hingga riding mode.

Uniknya lagi, Hyundai Ioniq Electric tidak memiliki tuas transmisi. Fungsi komponen tersebut digantikan dengan sejumlah tombol di konsol tengahnya. Sistem ini disebut Hyundai sebagai Button-Type Shift-by-Wire.

2 dari 6 Halaman

Untuk urusan performa, Hyundai Ioniq Electric mengandalkan motor listrik yang menghasilkan tenaga sebesar 120 ps dan torsi 295 Nm. Performa tersebut disalurkan ke tenaga depan melalui single-speed reduction gear ke sepasang 2 roda depannya.

Motor listrik tersebut ditopang oleh baterai Li-Ion Polymer 38,3 kWh yang terletak di bagian bawah mobil. Dengan kapasitas tersebut, Hyundai IONIQ EV hanya membutuhkan 9,9 detik untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam mode Sport. Selain itu, jarak tempuhnya diklaim bisa mencapai 373 km dengan lama charging 17 jam 30 menit menggunakan listrik rumah pada umumnya.

Di Indondesia, Hyundai Ioniq Electric hadir dalam 2 varian, yaitu Prime dan Signature. Harga Hyundai Ioniq Electric Prime mencapai Rp624,8 juta, sedangkan Hyundai Ioniq Electric Signature dibanderol Rp40 juta lebih mahal, tepatnya Rp664,8 juta (OTR Jakarta).

3 dari 6 Halaman

Hyundai Kona Electric

Bersamaan dengan hadirnya Hyundai Ioniq Electric, PT HMID turut meluncurkan mobil listrik Hyundai Kona Electric. Sebelumnya, pabrikan asal Korea Selatan itu telah menghadirkan versi mesin bensin di Indonesia pada 2019 lalu.

Sektor depannya dibekali LED headlight with Auto Light Control dan LED DRL. Gril depannya pun tidak memiliki lubang sehingga terkesan futuristis sekaligus menegaskan identitasnya sebagai mobil listrik. Geser ke samping, terdapat velg aluminium 17 inci dan bagian belakangnya pun tampil sporty berkat LED taillight tipis.

Masuk ke interior, Hyundai Kona Electric merupakan SUV 5-seater, sama seperti versi bensinnya. Konsol tengahnya dihuni head-unit touchscreen 8 inci yang terhubung ke mobil. Sedangkan di depan pengendara, terdapat instrumen panel digital yang berisi beragam informasi dengan gaya futuristis.

4 dari 6 Halaman

Layaknya Hyunda IONIQ EV, Hyundai Kona Electric juga tidak memilki tuas transmisi. Fungsi komponen tersebut digantikan dengan sejumlah tombol di konsol tengahnya. Sistem ini disebut Hyundai sebagai Button-Type Shift-by-Wire.

Untuk urusan performa, Hyundai Kona Electric mengandalkan motor listrik yang menghasilkan tenaga sebesar 120 ps dan torsi 295 Nm. Jantung penggerak tersebutditopang oleh baterai Li-Ion Polymer 38,3 kWh dengan jarak tempuh 
345 km dengan pengisian 0-100% dalam 19 jam menggunakan listrik rumah.

Di Indonesia, Hyundai Kona EV dipasarkan dengan harga Rp674,8 juta. Nominal ini nyaris 2 kali lipat dari versi bensin yang dibanderol Rp389-393 juta (OTR Jakarta).

5 dari 6 Halaman

Lexus UX 300e

Pada akhir November 2020, PT TAM juga menghadirkan mobil listrik di Indonesia lewat Lexus, yakni Lexus UX 300e. Ini merupakan Battery Electric Vehicle (BEV) pertama mereka di pasar otomotif Tanah Air dan langsung menyasar segmen premium.

Seperti dikabarkan sebelumnya, pabrikan asal Jepang itu merilis mobil listrik Lexus UX 300e. Sebenarnya, SUV mewah 5-seater ini telah melakoni debutnya di Eropa dan China pada 2019 lalu.

Mengenai spesifikasi, Lexus UX 300e dibekali motor listrik berkapasitas 54,35 kWh. Tenaga maksimumnya mencapai 201 hp dengan torsi 300 Nm, serta memiliki daya jelajah hingga 300 km dalam sekali pengisian daya listrik.

6 dari 6 Halaman

Untuk mengurangi kekhawatiran konsumen, setiap pembelian Lexus UX 300e juga dilengkapi AC Wall Charger yang dapat dipasang di rumah. Selain itu, ada juga Household Socket Charging Cable yang dapat digunakan di stop kontak dinding standar.

Pengisian baterai Lexus UX 300e ini membutuhkan waktu 24 jam dari 0-100% saat menggunakan listrik rumah pada umumnya. Dengan AC Wall charger membutuhkan 5-6 jam, bahkan memakai DC Fast Charging di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) hanya 50 menit.

Peluncuran Lexus UX 300e ini sekaligus menjadi yang pertama di Asia Tenggara. Di Indonesia, Lexus UX 300e dipasarkan dengan harga Rp1,245 miliar (OTR Jakarta) dan berstatus CBU (completely built-up) atau diimpor secara utuh dari Jepang.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami