Kalau Jalan Tak Berkabut, Jangan Nyalakan Fog Lamp, Bahaya!

Seperti namanya, lampu kabut atau fog lamp berfungsi untuk memberikan penerangan saat kondisi cuaca berkabut. Selain jalan berkabut, fog lamp juga biasa dipakai saat hujan deras.

Sabtu, 09 Februari 2019 18:45
ilustrasi berkendara menggunakan fog lamp (mynrma.com.au)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Seperti namanya, lampu kabut atau fog lamp berfungsi untuk memberikan penerangan saat kondisi cuaca berkabut. Selain jalan berkabut, fog lamp juga biasa dipakai saat hujan deras.

Tapi tak jarang juga ada mobil yang fog lamp-nya menyala walaupun cuaca sedang bersih. Umumnya, fog lamp ada dua jenis yakni di depan dan di belakang.

Menyalakan fog lamp tidak pada waktunya bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. Mengapa?

Menurut Suzuki Indonesia, sorotan fog lamp cenderung melebar ketimbang pendaran cahaya lampu utama, yang lebih jauh ke arah depan. Sehingga cahaya yang dihasilkan memang akan menjadi lebih terang tapi jarak pencahayaan tidak jauh.

Jika dipakai pada cuaca cerah di malam hari, paparan fog lamp, baik fog lamp yang di depan atau belakang, bisa membuat pengemudi akan terganggu pandangannya karena silau.

Perilaku terebut berisiko membahayakan pengendara lain maupun diri sendiri. Terlebih jika penempatan fog lamp tak presisi, sehingga menyebabkan paparan lampu menjadi sangat tajam.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami