'Tidak Akan Ada Istilah Pemutihan SIM Mati'

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Royke Lumowa, menampik isu pemutihan untuk Surat Izin Mengemudi.

Kamis, 05 April 2018 15:15
Ilustrasi : SIM (Liputan6.om/Jayadi Supriadin)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Royke Lumowa, menampik isu pemutihan Surat Izin Mengemudi. Ia menjelaskan bahwa kabar yang tersebar melalui pesan berantai di aplikasi whatsapp itu adalah hoax atau tidak benar.

Mengutip dari Liputan6.com, Kakorlantas juga menegaskan bahwa hal tersebut tidak akan mungkin terjadi. Jadi, jika SIM mati, maka pemiliknya tetap harus mengikuti berbagai prosedur yang telah ditetapkan.

Berdasarkan sumber yang sama, Royke pun menyatakan bahwa pemutihan hanya terkait dengan pajak atau pembayaran seperti pada Surat Tanda Nomor Kendaraan. Itu pun masih bergantung pada kebijakan kepala daerah.

Matan Kapolda Papua Barat ini menuturkan bahwa SIM bukanlah persoalan administrasi saja, tetapi juga kemampuan berkendara. Kompetensi tersebut ditentukan melalui ujian teori dan praktik yang diselenggarakan pihak kepolisian.

Hal tersebut disampaikan sebagai bentuk klarifikasi atas pesan berantai yang menyebutkan akan ada pemutihan SIM yang mati. Padahal, sudah dijelaskan bahwa masyarakat dengan SIM kedaluwarsa harus mengikuti mekanisme penerbitan SIM baru.

Sumber : Liputan6.com

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami