Kakak Honda CBR250RR Mengaspal di Indonesia, Segini Harganya

Honda CBR600RR, kakak Honda CBR250RR akhirnya hadir di Indonesia.

Selasa, 16 Februari 2021 18:45
Kakak Honda CBR250RR Mengaspal di Indonesia, Segini Harganya Honda CBR600RR (Honda)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - PT Astra Honda Motor (AHM) tampaknya terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan para pecinta motor sport di Indonesia. Kini, line-up mereka di segmen tersebut terbilang lengkap dengan hadirnya Honda CBR600RR terbaru, kakak dari Honda CBR250RR.

"Melalui Honda CBR600RR ini, kami ingin mengajak Anda semua untuk merasakan kesenangan hidup terbaik dengan perpaduan sempurna dari kegembiraan, adrenalin, dan kepuasan berkendara dengan semangat balap yang dirasakan secara bersamaan saat berkendara," terang Presiden Direktur PT AHM, Keiichi Yasuda.

1 dari 4 Halaman

Melalui konsep "Awaken The Race", Honda CBR600RR dilengkapi dengan segudang teknologi baru dan desain yang aerodinamis. Hal itu dilakukan untuk memperkuat kesan sporty dan menghasilkan performa terbaik, tapi tetap memiliki pengendalian yang nyaman, baik di jalan raya maupun sirkuit.

Secara fisik, Honda CBR600RR tampak aerodinamis berkat desain fairing dengan headlight baru serta dibekali winglet yang terinspirasi dari Honda RC213V di MotoGP. Komponen ini berfungsi untuk memberikan downforce saat berakelerasi, pengereman, dan menikung.

2 dari 4 Halaman

Mengenai performa, Honda CBR600RR dibekali mesin baru, 4-silinder inline 599 cc DOHC. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 PS dengan torsi maksimum 64 Nm. Ada sedikit perubahan dibanding generasi sebelumnya, seperti desain camshaft dan crankshaft, memperbesar diameter throttle bore, serta pengaturan waktu bukaan katup (valve timing). Menariknya lagi, motor ini dilengkapi knalpot undertail atau di bawah jok belakang.

Untuk mengimbangi performa tersebut, Honda CBR600RR juga dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fungsinya ialah menjaga ban belakang tidak selip ketika berakselerasi. Selain itu, terpasang juga dual disc-brake di roda depan, sedangkan bagian belakang dikawal single disc-brake, tentunya dilengkapi dengan sistem ABS.

3 dari 4 Halaman

Terdapat 3 mode berkendara pada Honda CBR600RR, yakni Fast, Fun, dan Comfortable. Ada juga opsi bagi pengendara untuk mengatur karakter motornya seperti keinginannya. Setidaknya ada 4 bagian yang bisa disesuaikan, yakni tenaga (5 level), HSTC (9 level+off), wheelie control (3 level+off), dan engine brake (3 level).

Kehadiran fitur Assist/ Slipper Clutch (ASC) juga menambah kenyamanan mengendarai Honda CBR600RR. Seperti adiknya, Honda CBR250RR, sportbike ini pun menggunakan sistem throttle-by-wire. Dampaknya, bukaan gas menjadi lebih presisi. Terpasang pula instrumen panel full-digital yang menyajikan berbagai informasi, seperti kecepatan, putaran mesin, bahkan lap-time.

4 dari 4 Halaman

Geser ke kaki-kaki, terpasang suspensi depan upside-down. Sementara itu, baikan belakang ditopang monoshock Pro-Link with Gas-Chamber. Keduanya merupakan keluaran Showa, serta bisa disesuaikan rebound dan kompresinya.

Di Indonesia, Honda CBR600RR hanya hadir dalam 1 pilihan warnya, Tricolor RWB (Red-White-Blue). Motor sport ini dipasarkan dengan harga Rp550 juta (OTR Jakarta).

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami