'Kain Colek' Teknologi Masa Depan BMW

Teknologi layar sentuh mungkin akan makin sering diterapkan di dalam mobil. Salah satunya Tesla Model X yang menggunakan layar sentuh 17 inci di konsol tengah. Kini, para peneliti mengerjakan sesuatu dengan konsep sama dengan bahan 'kain pintar'.

Sabtu, 18 Februari 2012 13:20
BMW Vision ConnectedDrive (Foto: BMW Blog)
Editor : Alvin
Kapanlagi.com - Teknologi layar sentuh mungkin akan makin sering diterapkan di dalam mobil. Salah satunya Tesla Model X yang menggunakan layar sentuh 17 inci di konsol tengah. Kini, para peneliti mengerjakan sesuatu dengan konsep sama dengan bahan 'kain pintar'.

Para peneliti tersebut mengembangkan serat polymer fleksibel yang bisa ditenun ke dalam bahan kain. Serat yang elektris itu nantinya diharapkan bisa 'dicolek-colek' atau bekerja layaknya layar sentuh pada smartphone zaman sekarang.

Yang lebih menyenangkan lagi, kain itu mudah dibersihkan sehingga mudah dirawat seperti interior mobil.

Dalam sebuah wawancara, Maksim Skorobogatiy dari Polytechnic School in Montreal selaku pengembang 'kain colek' ini mengatakan, "Pada dasarnya kami ingin membuat sesuatu yang bisa diperoleh pada smartphone, tetapi dengan menggunakan bahan tekstil. Kami mencari aplikasi yang memungkinkan untuk diusap dengan halus, perangkat kontrol yang lebih ramah di mata, dan menghindari desain tombol-tombol."

Dia menjelaskan bahwa dengan ini, kita salah satunya bisa mengatur AC atau audio mobil. BMW sendiri sedang menganalisis teknologi serupa dengan mengatakan bahwa permukaan sentuh yang sensitif sebagai pengontrol di mobil adalah sesuatu yang menarik.

Perusahaan asal Bavaria tersebut pernah memamerkan teknologi dashboard yang mereka sebut ConnectedDrive dalam perhelatan Geneva Motor Show 2011. Produsen yang unggul lewat produk Serie-3 itu mengestimasi bahwa teknologi tersebut bisa mereka terapkan dalam empat tahun mendatang.  (kpl/why/bun)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami