Kaget Sepeda Stop Tanpa Lampu Rem, Begini Triknya

Tidak dilengkapi rampu rem, jaga jarak adalah cara terbaik untuk menghindari pesepeda yang tiba-tiba berhenti mendadak di jalan.

Minggu, 05 Juli 2020 18:15
Kaget Sepeda Stop Tanpa Lampu Rem, Begini Triknya Pesepeda menikmati jalan lengang di Jakarta (Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Musim bersepeda tidak bisa dihindari membuat para penggunanya sama-sama memanfaatkan jalan besar dengan para pengguna kendaraan bermotor.

Akan tetapi, bagaimanapun juga, sepeda memiliki sejumlah perbedaan yang tidak ayal menjadi vital dibanding pengendara kendaraan bermotor, termasuk tanda-tanda pengereman, seperti lampu rem.

Sekalipun ada saja motor ataupun mobil yang juga malas mengganti lampu rem yang mati sehingga pengendara di belakangnya kurang waspada.

Namun, Asep Wawan, Senior Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora dalam diskusi Live Instagram dengan Otosia.com, Jumat (3/7/2020), menyebut sejumlah trik yang bisa diterapkan.

1 dari 2 Halaman

"Di belakang sepeda antisipasinya biar tidak berbenturan karena pergerakam pesepeda sulit dibaca? Pertama, tentunya harus jaga jarak," kata dia.

Menjaga jarak ideal menurutnya dilakukan dengan mengatur kecepatan. Dalam kecepatan 20 km/jam, maka menurutnya jarak idealnya adalah 5-8 meter.

Bagaimana jika ingin menyalip? Apalagi kecepatan kendaraan akan berbeda antara jalan lurus dan jalan menanjak.

 

 

2 dari 2 Halaman

"Perbedaannya di tarikan gas. Kalau tekniknya sebenarnya di talan tanjakan tidak disarankan menyalip, karena di situ bisa jadi ada area blind spot yang tidak dianjurkan menyalip. Kecuali di area datar dan lurus," kata dia

Kalau terpaksa harus menyalip pesepeda karena lebih lambat, maka tetap lakukan teknik yang benar.

"Hanya perbedaannya di tarikan gasnya saja. Kalau sedikit menanjak, maka bukaan gasnya agak dibesarin dikit. Pergerakannya tetap waspada dan jaga jarak," ujarnya.

(kpl/nzr)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami