Kaca Mobil Ternyata Punya Fungsi Penting, Tentukan Hidup dan Mati

Saat terjebak di dalam mobil ketika kondisi darurat, kaca mobil bisa jadi alat menyelamatkan diri. Hanya saja, hal tersbut bisa terjadi ketika si pemilik mobil paham materialnya.

Sabtu, 20 Juli 2019 13:15
Kaca Mobil Ternyata Punya Fungsi Penting, Tentukan Hidup dan Mati Ilustrasi mobil tenggelam (Autoevolution)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Para pemilik mobil wajib tahu tentang material pada setiap komponen mobilnya. Hal ini bisa menolong, saat terjebak dalam kondisi darurat di dalam mobil.

Salah satunya adalah soal kaca mobil. Bagian mobil ini bisa sangat membantu ketika mobil mengalami kebakaran ataupun tenggelam. Kaca mobil bisa dipakai untuk menyelamatkan diri.

Melansir Autoevolution, sayangnya tak semua pemilik mobil paham jenis material yang dipakai untuk kaca mobil mereka. Sebab ada dua jenis kaca mobil saat ini.

Pertama jenis kaca laminasi yang menjadi standard keamanan federal. Kedua, kaca tempered yang saat ini juga masih banyak dipakai.

Jika mobil memakai kaca laminasi, maka kaca mobil itu tidak akan pecah. Kaca laminasi dirancang untuk bisa melindungi penghuni mobil saat terjadi kecelakaan fatal.

Sementara itu, kaca tempered akan lebih mudah pecah meski tak hancur sepenuhnya. Untuk memecahkannya, keberadaan alat seperti lifehammer bisa sangat menolong.

 

1 dari 1 Halaman

Kombinasi Kaca Mobil

Kombinasi Kaca Mobil

Penelitian yang dilakukan AAA menyebutkan jika kaca mobil bisa sangat efektif untuk menyelamatkan diri. Tetapi hanya jika orang yang berada di dalam mobil tahu jenis kaca apa yang mereka miliki. Jika tidak, mereka hanya akan membuang waktu berharga untuk memecahkan kaca.

"Untuk meningkatkan keselamatan, ada baiknya kendaraan dilengkapi dengan kombinasi jenis kaca tersebut. Setidaknya ada salah satu kaca yang memakai jenis tempered," ujar Managing Direstor of Automotive Engineering and Repair for AAA, John Nielsen.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami