Kaca Mobil Berkabut Menghalangi Pandangan? Begini Cara Menghilangkannya

Seringkali saat musim hujan tiba atau cuaca lebih dingin, kaca mobil berkabut. Bahkan kabut pada kaca bisa disebabkan karena hembusan nafas dari pengemudi.

Kamis, 6 Desember 2018 17 : 45 WIB
Ilustrasi kaca berkabut (carsguide.com.au)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Seringkali saat musim hujan tiba atau cuaca lebih dingin, kaca mobil berkabut. Bahkan kabut pada kaca bisa disebabkan karena hembusan nafas dari pengemudi.

Sebab jika dibiarkan, akan mengurangi visibilitas pengemudi. Selain itu tentu sangat tidak enak dilihat jika kaca depan berkabut.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Melansir Carsguide.com.au, pertama-tama coba cara paling sederhan. Turunkan kaca jendela samping, kemudian biarkan angin masuk untuk menstabilkan temperatur di dalam kabin mobil.

Mobil-mobil modern sudah dilengkapi AC sebagai fitur standar. Maka, cara lainnya adalah bisa dengan menyalakan AC. Dengan menyalakan AC, uap air dalam mobil bisa segera dikeluarkan dan mengurangi kondensasi pada kaca depan.

Selain AC mobil modern juga biasanya dibekali dengan fitur defogger. Fitur ini bisa dengan cepat sebenarnya menghilangkan kabut.

Hanya saja kadang banyak yang salah kaprah mengaktifkan fitur ini. Banyaknya, begitu defogger diaktifkan, AC dimatikan.

Padahal aturannya tidak seperti itu. Jika AC dimatikan, maka itu sama saja dengan bunuh diri. Maka saat defogger aktif, jangan pernah mematikan AC.

SUDAH BACA INI BELUM?

 (kpl/tys)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami