Jurus Nissan Indonesia Mengembalikan Penjualan yang Lesu

Imbas penurunan laba Nissan secara global pada awal 2019 juga dirasakan Nissan Motor Indonesia. Secara global Nissan akan memangkas 10 persen produksi dan merumahkan 12.000 karyawan.

Minggu, 11 Agustus 2019 14:15
Jurus Nissan Indonesia Mengembalikan Penjualan yang Lesu Nissan buka empat dealer baru di Jabodetabek (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Penjualan Nissan terus merosot secara global. Imbasnya Nissan berencana akan mengurangi sekitar 12.000 karyawan pabrik di seluruh dunia, kecuali Jepang.

Bersamaan dengan itu Nissan akan mengurangi 10 persen produksi dan menghentikan pembuatan sejumlah model, termasuk dari merek Datsun dan Infiniti yang mengalami penjualan buruk.

Indonesia juga turut terkena imbasnya. Selain adanya pengurangan karyawan sebelum Lebaran kemarin, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan mengurangi lini produksi di pabrik mereka di kawasan Purwakarta, Jawa Barat.

Tapi di tengah keterpurukan penjualan dan langkah pengurangan pegawai, NMI justru meresmikan 4 dealer dengan konsep baru di Jabodetabek.

Di antaranya, Nissan Datsun MT Haryono, Puri Indah, Bumi Serpong Damai, dan Cibubur. Gerai itu bukanlah benar-benar baru, melainkan hasil transformasi dengan penerapan Nissan Retail Concept. Hal ini untuk meningkatkan semua aspek, termasuk desain fasilitas, proses layanan, dan lingkungan berbasis digital.

Langkah ini merupakan salah satu upaya Nissan Indonesia untuk menarik konsumen, sekaligus mengangkat kembali penjualan Nissan yang terus menyusut di Tanah Air.

"Kami ingin menerapkan Nissan Retail Concept di semua diler, dan kami akan melanjutkan transformasi ini secara paralel dengan rencana kami untuk mengembangkan jaringan diler di pasar Indonesia," ujar Presiden Direktur NMI, Isao Sekiguchi.

1 dari 1 Halaman

Total 109 Dealer

Total 109 Dealer

Bulan lalu, Nissan Datsun membuka empat outlet baru di Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sehingga total outlet Nissan Datsun sekarang menjadi 109 di seluruh Indonesia.

Nissan Retail Concept sendiri berfokus pada lima elemen utama, yakni tablet merah Nissan yang ikonik di pintu masuk showroom menciptakan identitas merek yang kuat, tanda Nissan Drive merah yang menarik yang secara intuitif memandu pelanggan melalui pengalaman merek Nissan, dan berbagai area konsultasi yang melayani beragam kebutuhan pelanggan.

Selanjutnya ruang duduk yang nyaman dengan suasana mewah yang meningkatkan pengalaman pelanggan, dan area pengiriman eksklusif.

"Kami telah bermitra dengan Nissan Motor Indonesia sejak lama, dan kami merasa terhormat untuk melanjutkan kemitraan ini di masa depan. Dengan transformasi line-up dan outlet produk baru, kami yakin dapat menghadirkan pengalaman terbaik dan menyenangkan bagi pelanggan," kata CEO Indomobil Nissan Datsun, Susilo Darmawan.

 

(kpl/nzr/tys)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami