Jurus Kreatif Cegah Pengendara Mobil Ugal-Ugalan di Jalan

Sebanyak 27.910 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas pada 2018. Sementara di tahun 2017 terdapat 29.810 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas. Angka kematian yang besar akibat kecelakaan menunjukkan pentingnya kehati-hatian dalam berkendara.

Jum'at, 15 Maret 2019 10:45
Ilustrasi kecelakaan mobil (stephenbabcock.com)
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Sebanyak 27.910 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas pada 2018. Sementara di tahun 2017 terdapat 29.810 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas. Angka kematian yang besar akibat kecelakaan menunjukkan pentingnya kehati-hatian dalam berkendara.

Terlebih lagi, angka kecelakaan lalu lintas sendiri naik pada tahun 2018. Menurut data Polri, total 103.672 kasus kecelakaan lalu lintas terjadi pada tahun tersebut dibandingkan tahun 2017 yang sebesar 101.022 kasus.

Berdasarkan data itu, faktor kelalaian pengendara disebut menjadi penyebab utama tingginya angka kecelakaan lalu lintas dengan jumlah 33 persen. Sementara itu, masalah jalan dan cuaca berpengaruh dengan persentase 29,7 persen.

Tingginya faktor kelalaian sebagai penyebab kecelakaan membuat banyak pihak tertantang untuk mencari solusi.

Salah satu perusahaan mencoba dengan membuat pemeringkatan wilayah teraman. Lain lagi dengan Polri yang belakangan coba mengarah pada program keselamatan berlalu lintas dengan sasaran kaum Milenial.

Program itu sendiri dinamakan Milenial Road Safety Festival (MRSF). Ini merupakan program yang diselenggarakan Polda dan Polres di seluruh wilayah Indonesia.

Cara lain yang cukup unik diberikan di Indonesia Timur. Karena kebanyakan mobil kini diasuransikan supaya tidak rugi ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sebuah perusahaan bernama Sompo Drive memberlakukan potongan premi.

Jadi, kalau pengendara berkendara tertib dan tidak ugal-ugalan, maka biaya premi asuransi mobil akan didiskon hampir setengahnya, yakni 45 persen.

Uniknya, program ini diterapkan bagi pengguna mobil Mitsubishi yang belakangan sedang booming dengan Xpander di bawah bendera Bosowa Berlian Motors yang memiliki 34 dealer di Indonesia Timur.

"Ini dapat meningkatkan kesadaran nasabah kami tentang pentingnya mengasuransikan kendaraannya," kata Subhan Aksa, Chief Executive Officer Bosowa Berlian Motors.

Diskon premi asuransi itu bisa diperoleh di akhir periode perlindungan kalau tidak ada klaim yang diajukan. Selain itu, Sompo Drive sendiri punya aplikasi yang disertai permainan safety driving dengan hadiah voucher belanja.

Penerapannya, setiap pembelian tunai mobil penumpang yang dibeli di dealer Bosowa Berlian Motor, nasabah dapat memilih salah satu produk Sompo Insurance untuk selanjutnya direferensikan oleh petugas Bosowa Berlian Motor ke petugas Sompo Insurance. Intinya, pancingan berkendara aman itu dibuat semenarik mungkin.

SUDAH BACA INI BELUM?

 (kpl/nzr/ahm)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami