Jumlah Kecelakaan Mudik Tahun Ini Menurun!

Mudik Lebaran seolah menjadi rutinitas masyarakat Indonesia setiap akhir tahun pasca melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Sayangnya kecelakaan tak pernah bisa dihindarkan.

Minggu, 03 Agustus 2014 10:15
ilustrasi: suasana mudik Lebaran (source by: facebook/@DivHumasPolri)
Editor : Sony

Otosia.com - Mudik Lebaran seolah menjadi rutinitas masyarakat Indonesia setiap akhir tahun pasca melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Menyambung tali silaturahmi dengan sanak saudara yang tinggal di tempat yang jauh setahun sekali layaknya sangat sulit untuk dilewatkan.

Sayangnya, setiap tahun saat mudik Lebaran jumlah kecelakaan lalu lintas seakan meroket dari hari biasa. Hal ini dikarenakan jumlah pemudik yang memang sangat banyak dan memadati jalan sehingga risiko kecelakaan sendiri juga ikut meningkat.

Namun tahun ini jumlah musibah kecelakaan dengan korban baik jiwa maupun material yang terjadi sepanjang mudik Lebaran, yakni dari h-6 hingga H+2 Lebaran, dilaporkan oleh Korlantas Polri menurun ketimbang tahun lalu.

Dari data yang disampaikan via akun Facebook Divisi Humas Mabes Polri, total kejadian tahun ini sebanyak 1.584 peristiwa dengan 352 korban meninggal. Jumlah tersebut di bawah total tahun 2013 lalu dengan jumlah kecelakaan mencapai 1.832 kejadian dan 384 korban jiwa.

Di samping itu, jumlah korban luka berat dan luka ringan tahun ini juga mengalami penurunan, dengan masing-masing 541 orang luka berat dan 2.010 luka ringan. Sementara tahun lalu sebanyak 616 luka berat dan 2.300 luka ringan.

Selama mudik Lebaran tahun 2014 ini, total kerugian material yang diakibatkan oleh kecelakaan yang terjadi mencapai jumlah yang sangat banyak walaupun masih lebih sedikit ketimbang tahun lalu, yakni Rp 3.787.746.100.

Penurunan jumlah musibah kecelakaan ini selain berkat kehati-hatian para pemudik, juga berkat kerja keras para petugas baik dari pihak kepolisian dan pihak lain yang turut menjaga keamanan dan keselamatan selama mudik kali ini. Semoga saat arus balik jumlah kecelakaan juga dapat terus ditekan.

Bravo Kepolisian Indonesia!

(kpl/sno)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami