Jepang Ternyata Doyan Aksesori Modif Buatan Indonesia, Begini Ceritanya

Banyak yang sudah tahu kalau produsen aksesori modif Tanah Air cukup kreatif. Bahkan, publik mancanegara pun jadi konsumennya. Ini termasuk para penyuka modifikasi di Jepang.

Kamis, 24 Januari 2019 09:15
Mobil modifikasi (NMAA)
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Banyak yang sudah tahu kalau produsen aksesori modif Tanah Air cukup kreatif. Bahkan, publik mancanegara pun jadi konsumennya. Ini termasuk para penyuka modifikasi di Jepang.

Bagaimana produk ini bisa sampai ke sana, padahal Jepang punya standar tersendiri dan bisa dibilang jauh lebih jago untuk urusan modifikasi?

Rupanya persoalan itu yang ditembus oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) yang menggagas IIMX (Indonesia International Modification Expo).

Andre Mulyadi, founder NMAA, menjelaskan bahwa penjualan produk Indonesia ke Jepang ini bisa terjadi lantaran kerja sama, seperti dalam Osaka Automesse (OAM).

"Jepang memiliki standar, makanya kami di sana nanti ditemui sama asosiasi di sana, namanya NAPA. Nanti di sana ada gala dinner, di sana kita bakal ngomong. Kami punya produk nih, tapi di Indonesia ada SNI. Kira-kira begitu. Sebaliknya, cara masuk Indonesia begini," ujarnya.

Melalui komunikasi ini, pihak Indonesia akan belajar bagaimana standar di Jepang.

"Nanti kalau mereka mau ke Indonesia ada SNI kita juga bantu, tapi syaratnya jangan yang ganggu produk lokal," kata dia.

Ia pun mencontohkan bagaimana pesanan body kit merek lokal yang sudah sampai 80 unit dan saat ini sedang proses.

"Pekerja kita kan biayanya lebih murah. Desain kan bisa dari mana saja, tapi dibuat di lokal. Indonesia bisa bikin rapi. Makanya kita mesti bikin platform, dan baru dimulai kemarin di IIMX. Jadi kami dorong," kata dia.

Melalui IIMX, NMAA akan melakukan seleksi sejumlah produsen aksesori lokal yang bisa diajak ke Jepang.

IIMX sendiri akan dihelat lagi pada tahun 2019 ini pada 28-29 September di Balai Kartini, Jakarta.

Andre juga mengatakan bagaimana syarat yang diperlukan termasuk soal pemilihan produk, mengingat modifikator Jepang jauh lebih ramai dan jago.

"Kami cari yang full skill, yang di sana enggak ada kayak BitelBlack soalnya di Jepang belum ada yang bisa custom untuk outdoor," ujarnya.

Dari kerja sama ini, Andre bercerita kalau salah satu modifikator Toyota AE86 di Indonesia baru saja melepas mobil garapannya ini seharga Rp 2 miliar.

Hal-hal semacam ini yang bisa diperoleh dalam obrolan kerja sama tersebut. Dalam prosesnya, NMAA juga mendapat dukungan dari pemerintah.

"(Bantuan dari) pemerintah misalnya informasi prosedur ekspor, begitu juga pajak. Secara prosedural kami banyak terbantu."

Baca Ini Juga Dong Otolovers

 

(kpl/nzr/ahm)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami