Jelang Lebaran, Begini Tips Sukses Bisnis Rental Mobil

Masa depan bisnis rental sepertinya menjanjikan. Apalagi momen menjelang lebaran seperti saat ini. Tapi, tentu beberapa hal harus dipertimbangkan untuk bisa sukses pada bisnis ini meskipun prospeknya bagus.

Senin, 09 April 2018 12:45
Foto Ilustrasi by Nissan
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Masa depan bisnis rental sepertinya menjanjikan. Apalagi momen menjelang lebaran seperti saat ini.

Banyak orang membutuhkan kendaraan sewaan untuk dipakai mudik. Hal ini bisa menjadi peluang untuk memulai bisnis persewaan mobil.

Tapi, tentu beberapa hal harus dipertimbangkan untuk bisa sukses pada bisnis ini meskipun prospeknya bagus. Dilansir dari situs resmi Nissan. harus ada strategi yang tepat untuk bisa sukses membangun bisnis ini.

1. Buat Strategi Bisnis Terlebih Dahulu

Apapun bentuk bisnis yang sedang otolovers kembangkan, selalu buat strategi bisnisnya terlebih dahulu, atau biasa disebut dengan business plan. Business plan ini berisi tentang rencana bisnis dari awal hingga potensi bisnis nantinya. Di dalamnya, juga akan tercantum berapa modal yang dibutuhkan dan berapa pengeluaran per bulannya untuk membuka bisnis rental mobil. Selain itu, business plan ini bisa digunakan untuk pengajuan permohonan peminjaman modal.

2. Memastikan Tipe Rental

Bisnis rental mobil dibagi menjadi dua macam, yaitu rental harian dan berdasarkan kontrak. Dua tipe rental ini juga mempunyai target pasar yang berbeda. Jika mengambil tipe harian, berarti tipe bisnis otolovers akan business to customer atau B2C. Sedangkan jika berdasarkan kontrak, otolovers akan mempunyai target pasar business to business atau B2B. Sistem kedua bisnis ini sangat berebeda, jadiharus berpikir jeli dalam memilih tipe rental.

3. Rutin Merawat Mobil

Selalu jaga mobilmu. Mungkin otolovers pernah menyewa mobil rental dengan kondisi yang cukup memperihatinkan. Dari luar, bodi mobil memang tampak bagus, tetapi di bagian dalam mobil justru pengap, bau tak sedap, sampai kotor. Nah, untuk mendapatkan pelanggan tetap, otolovers harus benar-benar selalu merawat mobil. Salah satunya dengan mendaftarkan ke dalam asuransi. Hal ini akan sangat membantu jika terjadi kerusakan. Otolovers tidak akan mengeluarkan uang yang terlalu banyak.

4. Memanfaatkan Strategi Marketing

Bisnis rental ini memiliki daya saing yang tinggi, sehingga untuk membangunnya adalah memanfaatkan strategi marketing. Jika tidak mempunyai strategi marketing yang baik, bisa jadi bisnis otolovers tidak akan bisa bertahan lama. Pertama, otolovers bisa memanfaatkan internet dengan membuat akun media sosial dan website untuk promosi.

Sebagai tips tambahan, jenis mobil juga berpengaruh ketika konsumen memilih rental mobil. Nah, tertarik untuk memabangun bisnis ini? Tips di atas mungkin bisa membantumu.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami