Jasa Marga Hapus Layanan Top Up Tunai di Gerbang Tol Selama New Normal

Memasuki tatanan hidup baru atau new normal di tengah pandemi virus Corona (COVID-19), banyak hal yang harus disesuaikan.

Kamis, 28 Mei 2020 20:15
Jasa Marga Hapus Layanan Top Up Tunai di Gerbang Tol Selama New Normal GT Cikampek utama (Liputan6.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Ada beberapa hal yang harus disesuaikan saat memasuki New Normal di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Termasuk layanan PT Jasa Marga yang disesuaikan mengikuti tatanan perlaku hidup baru.

Dilansir dari Merdeka.com, dari sisi perubahan perilaku, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya akan menghapus layanan isi top up tunai di gerbang tol dan membatasi hanya 30 menit untuk masyarakat berada di rest area.

"Saat ini kami sedang proses meniadakan top up tunai di gerbang tol langsung. Sebagai upaya pencegahan berkumpul orang dan mendorong untuk mengisi melalui online," ujar Heru saat diskusi daring yang diadakan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Rabu (27/5/2020).

1 dari 2 Halaman

Terkait pembatasan rest area, dia menjelaskan, tujuannya adalah mengurangi penumpukan masyarakat dan supaya dapat diterapkannya physical distancing di rest area.

"Jadi untuk pencegahan dan physical distancing, akan diberlakukan pembatasan waktu kunjungan di rest area maksimal 30 menit termasuk mengurangi kursi pujasera. Karena ke depan rest area bukan lagi tempat kongkow-kongkow," urainya.

Selain itu untuk transformasi bisnis, pihak Jasa Marga sedang mengembangkan transaksi nirsentuh supaya masyarakat pemakai jalan tol dapat melakukan transaksi secara otomatis tanpa adanya tindakan kontak kontak fisik.

"Sejalan dengan peta jalan atau roadmap pemerintah, Jasa Marga saat ini mengembangkan transaksi tol nirsentuh dengan menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) dengan single lane free flow," kata Heru.

2 dari 2 Halaman

Dia menjelaskan, saat ini percobaan nirsentuh sedang dilakukan di jalan tol Bali Mandara dengan sekitar 1000 kendaraan melakukan uji coba lapangan.

"Menghadapi kondisi New Normal, hal ini tentu sangat menguntungkan sekali bagi pengguna jalan tol di mana mereka tidak perlu lagi berhadapan dengan Gerbang Tol dan tidak perlu memakai lagi kartu e-toll," katanya.

Dengan demikian, kata Heru, pemakai jalan tol dapat melakukan transaksi dengan otomatis tanpa harus menghentikan kendaraan untuk sekedar men 'tap' kartu E-Toll, cukup melintas dan gardu akan terbuka otomatis.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami