Jangan Sepelekan Bearing Motor yang Rusak

Jika bearing motormu rusak, maka segeralah untuk memperbaikinya. Sebab, meskipun berukuran kecil, bearing pada as roda memiliki fungsi yang penting. Terutama untuk memperlancar dan menyetabilkan putaran roda.

Rabu, 13 Juni 2018 21:15
Foto by Youtube
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Jika bearing motormu rusak, maka segeralah untuk memperbaikinya. Sebab, meskipun berukuran kecil, bearing pada as roda memiliki fungsi yang penting. Terutama untuk memperlancar dan menyetabilkan putaran roda.

Bagaimana tandanya jika bearing rusak? Jika otolovers pernah merasakan motor seperti goyang-goyang saat dikendarai, maka itu salah satu indikasi bearing motor sudah oblak atau rusak.

Maka, dalam kondisi ini kamu wajib mengganti bearing tersebut dengan yang baru. Jika tidak, komponen motor lainnya bisa ikut rusak juga.

Seperti tromol. Komponen ini merupakan yang pertama kena imbas saat bearing rusak tapi tetap dipakai. Saat motor melaju goyang-goyang, otomatis posisi roda dan tromol tak akan pas. Posisi yang tak simetris inilah yang akan merusak tromol dan terlihat bergelombang.

Selanjutnya, kampas rem. Jika kerusakan itu tetap dipaksakan maka kampas rem tidak habis secara rata atau malah jadi cepat aus karena tekanan yang tidak normal dari roda. Hal ini utamanya disebabkan karena bearing yang rusak menyebabkan kampas hanya mengigit satu bagain tromol saja.

Komponen lain yang juga mendapatkan imbas bearing ini adalah, gear, rantai ban, suspensi atau shockbreaker, dan bahkan mesin pun ikut kena getahnya. Maka itu, jangan pernah abaikan bearing motormu yang rusak.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami