Jangan Sekali-kali Lepas Genggaman Anda Pada Setir Saat Mengemudi!

Kebanyakan orang selalu mengemudikan mobilnya dengan posisi tangan tidak menempel pada setir mobil yang tentunya sangat berisiko, karena hal tersebut dapat menyebabkan kecelakaan. Seperti kejadian yang satu ini.

Selasa, 27 Juni 2017 11:15
Image by carscoops
Editor : Magang
Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Pernahkah otolovers mendengar ucapan dari instruktur pengemudi atau mungkin temannya untuk tetap genggam ster kendaraan? mungkin beberapa belum pernah mendengarnya, namun hal tersebut benar-benar wajib dilakukan untuk menjamin keamanan sang sopir.

Namun, masih banyak juga yang menghiraukan perkataan tersebut. Seperti yang terjadi di Amerika Serikat, di mana seorang pria tewas dalam sebuah kecelakaan karena tangannya yang tidak menempel pada setir kemudi kendaraannya.

Menurut informasi yang dilansir oleh carscoops.com (21/06), Korban yang diketahui adalah Joshua Brown sedang mengemudikan Tesla Model S-nya dengan kecepatan 74 miles/jam dalam zona mobil yang boleh melaju hingga 65 miles/jam.

Hingga suatu ketika ada sebuah truk semi yang ingin berbelok di depannya dan akhirnya berujung kecelakaan yang sangat fatal. Pihak investigasi berhasil mendapatkan data sebesar 510 Megabyte di dalam kendaraan itu untuk mendapatkan informasi yang lebih detil.

Setelah diperiksa, ternyata iya. Joshua diketahui telah menggunakan sistem Autosteer lane keeping assistance dan Traffic-Aware Cruise Control saat kejadian itu terjadi. Hasil laporan menunjukan bahwa pengemudi seharusnya tidak melepaskan genggamanya saat perjalanan cepat, baik itu dengan menggunakan mobil otonom atau pun mobil manual.

Selain itu, pihak investigasi mengklaim bahwa Joshua juga terlalu bergantung pada sistem otonom kendaraan itu dan juga sangat lambat dalam merespon beberapa peringatan dari mobilnya untuk tetap memegang kemudi kendaraan tersebut. Bahkan korban tidak melakukan apa pun untuk menghindari tabrakan fatal itu.

Dari kecelakaan tragis itu, diharapkan juga bagi otolovers agar bisa lebih berhati-hati lagi dan tidak melepaskan genggamannya pada ster kendaraan supaya kejadian serupa tidak terjadi lagi.

 

JANGAN LUPA CEK YANG SATU INI!

(kpl/nic/mag)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami