Jangan Pakai Rok Saat Naik Motor

Kesadaran berkendara agar selamat sampai tujuan itu penting. Tak hanya bagaimana cara menyetir, tapi juga penggunaan safety gear atau perlengkapan berkendara yang aman.

Senin, 19 November 2018 20:45
Ilustrasi berkendara motor (yamahamotorsport.com)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Kesadaran berkendara agar selamat sampai tujuan itu penting. Tak hanya bagaimana cara menyetir, tapi juga penggunaan safety gear atau perlengkapan berkendara yang aman.

Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu menjelaskan, safety gear ini bukan hanya berlaku untuk laki-laki. Pengendara perempuan juga wajib menggunakannya. Selain itu, bagi perempuan, hindari memakai rok saat berkendara atau membonceng.

"Alasannya, saat menggunakan rok, peluang mengalami cedera serius saat jatuh semakin besar dibandingkan menggunakan celana jeans," ujar Jusri kepada Liputan6.com.

Selain itu, saat musim hujan tiba, ada baiknya tak menggunakan payung saat hujan ketika berkendara. Sekalipun ada payung khusus untuk pengendara yang dijual bebas.

"Ini konyol, tidak menggunakan logika. Bisa saja saat menggunakan payung keseimbangan hilang dan berakibat fatal. Jangan pula menggunakan jas hujan model ponco, karena bentuknya yang merumbai-rumbai ke bawah, dan bisa sangat berbahaya. Gunakan jas hujan yang dua jenis (baju dan celana)," jelasnya.

Soal helm, menurutnya, idealnya adalah menggunakan helm fullface. Begitu juga dengan jaket minimal berbahan denim. Bukan bahan katun atau lainnya yang hanya mengurangi risiko masuk angin atau kena matahari saja.

"Sebaiknya menggunakan jaket yang bisa mengurangi risiko cedera saat pengendara jatuh, yaitu bahan denim. Lebih baik lagi, gunakan jaket kulit," tandas penghobi motor gede.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami