Jangan Dorong Mobil Matic, Mitos atau Fakta?

Soal boleh atau tidak mendorong mobil matic, jawabannya ternyata bisa dua-duanya. Yang perlu diketahui adalah mobil dengan jenis transmisi ini bisa didorong asalkan memperhatikan sejumlah hal.

Rabu, 21 Maret 2018 17:45
Ilustrasi by Vigan Hajdari Pixabay
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Mitos 'jangan dorong mobil matic' masih menyebar di masyarakat hingga saat ini. Padahal, kejadian mogok datangnya tidak terduka.

Soal boleh atau tidak mendorong mobil matic, jawabannya ternyata bisa dua-duanya. Yang perlu diketahui adalah mobil dengan jenis transmisi ini bisa didorong asalkan memperhatikan sejumlah hal.

"Bolehkah mobil matic didorong? Boleh dan tidak, tergantung.

Kadang kalau lagi mogok, kadang butuh tindakan. Memang ada beberapa pertimbangan tidak bleh didorong atau ditarik," kata Chinto Adiputera, Supervisor Bussines Area Sales Department Retail Division PT Astra Otoparts.

Mobil matic yang mogok artinya saat itu posisi transmisi sedang dalam kondisi menyambungkan daya mesin ke roda. Bisa jadi saat itu posisi tuas sedang di D atau mungkin posisi transmisi untuk tanjakan. Karena itu, pindahkan tuas ke posisi netral terlebih dulu.

"Yang pertama kalau mogok di tengah jalan, pinggirian aja, asal N atau dinetralkan," ujar Chinto.

Untuk opsi mobil derek, mereka yang cukup awam dengan kondisi mobil matic-nya sebaiknay memilih mobil gendong. Yakni truk dengan bak datar sehingga mobil naik ke bak tersebut, bukan ditarik.

Pilihlah roda yang bukan berperan sebagai penggeraknya. Untuk sedan keluaran Jepang, umumnya mobil jenis ini sudah menggunakan penggerak roda depan. Namun, mobil yang memiliki gardan, seperti MPV, SUV, pasti menggunakan penggerak roda belakang.

"Kalau penggerak depan, yang diangkat adalah depannya. Jadi yang nempel ke tanah ban belakang, bukan yang nempel transmisi. Begitu juga sebaliknya," kata dia.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/why/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami