Jangan Abaikan CVT, Jika Mudik Pakai Skutik

Jika terpaksa mudik menggunakan motor, terlebih skutik ada beberapa komponen yang wajib untuk diperiksa. Terutama adalah bagian CVT.

Sabtu, 02 Juni 2018 19:45
Foto ilustrasi by Youtube
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Meski tak dianjurkan, tapi motor masih menjadi alternatif transportasi bagi para pemudik. Bahkan jarak tempuh yang dijalani pun sudah terbilang sangat jauh.

Jika begini, jangan lupa untuk perawatan sebelum mudik lebaran, terutama bagian CVT. Seperti dijelaskan pemilik bengkel Em-Push racing, Farid, banyak pemilik skutik yang tidak memperhatikan CVT.

Padahal, bagian ini memiliki peran yang cukup penting, sebagai pengganti rantai, untuk menyalurkan tenaga mesin menuju roda.

"Perawatan CVT harus dilakukan tida bulan sekali. Hal ini untuk menghindari masalah pada CVT, yang dapat mempengaruhi performa kendaraan," jelas Farid kepada Liputan6.com.

"Biasanya, masalah di motor skutik ada di CVT, padahal komponen ini yang paling vital. Karena, jarang diperhatikan pemiliknya, CVT jadi kotor banyak debu, bisa bermasalah pada roller, gemuknya habis," tegas Farid.

Lanjutnya, jika CVT bermasalah, maka akan timbul bunyi-bunyi mengganggu atau mempengaruhi tarikan motor.

Sementara itu, selain roller, biasanya CVT rusak pada bagian rumah roller karena usia pemakaian, dan beban yang berlebih.

"Usahakan, diberi gemuk secukupnya. Agar rumah roller awet," tambahnya.

Selain itu, periksa juga V-Belt. Dengan pemakaian yang sering terkena panas, komponen ini pasti getas dan jika tidak diganti dalam waktu lama bisa putus. 

Untuk melakukan perawatan CVT, biasanya pemilik kendaraan dikenakan biaya Rp 40 ribu untuk roller, Rp 70 ribu untuk Yamaha Mio, dan Rp 75 ribu untuk Honda BeAT dan Vario.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami