Jalan-jalan ke Pabrik Truk Mercedes-Benz di Wanaherang

Proses perakitan truk Mercedes-Benz di Indonesia. Berlokasi di Wanaherang, Jawa Barat, pabrik PT Daimler Commercil Vehicles Indonesia ini memiliki dua gedung utama yaitu perakitan dan quality control.

Kamis, 24 Mei 2018 17:15
Foto: Hafid
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Muhammad Hafid Asisi

Otosia.com - Beberapa waktu lalu, Otosia mendapatkan kesempatan melihat langsung proses perakitan truk Mercedes-Benz di Indonesia. Berlokasi di Wanaherang, Jawa Barat, pabrik PT Daimler Commercil Vehicles Indonesia ini memiliki dua gedung utama yaitu perakitan dan quality control.

Di gedung perakitan, kami melihat bagaimana truk-truk Mercedes-Benz dirakit dengan perangkat berteknologi tinggi. Penggunaan perangkat berteknologi tinggi sendiri bertujuan mempermudah pekerja dalam memproduksi, sehingga kualitas produk berstandar global dapat tercapai.

Menariknya, pabrik ini terkesan cukup santai saat kami datangi. Di mana jalur perakitan terlihat tidak terlalu padat. Namun para pekerjanya tampak telaten dan sangat serius dalam melakukan perakitan. Menurut Manager End of Line, Alexander Gunadisastra, hal ini disebabkan pihaknya melakukan proses perakitan berdasarkan pemesanan dari pihak pemasaran.

Hal ini pun membuat pabrik truk Mercedes-Benz terasa tak sepadat merek lainnya. Meski begitu, dikatakan Alexander, pabrik truk Mercedes-Benz sendiri dapat memproduksi hingga 15 unit per hari.

Memasuki area pengujian kualitas, kami melihat bagaimana truk diuji dan diperiksa secara menyeluruh, mulai dari speedometer test, smoke test, Engine Control Unit test, brake test, paints touch up.

Bahkan menurut Alexander, terdapat test track yang mencapai hampir 100 km. Sayangnya, Ia tidak bisa menjelaskan mengapa test track tersebut harus mencapai jarak sejauh itu. Ia hanya menjelaskan angka 100 km menjadi batasan, soalnya apabila melebihi batas tersebut truk menjadi tidak layak untuk dijual karena dianggap bukan baru lagi.

saya sudah baca ini!

(kpl/fid/ahm)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami