Jakarta Sepi Tambah Nuansa Mistis Kota Tua

Nuansa mistis Kota Tua Jakarta semakin kental lantaran jalanan yang sepi.

Kamis, 23 April 2020 18:00
Jakarta Sepi Tambah Nuansa Mistis Kota Tua Toko Merah Kota Tua Jakarta (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Salah satu daerah di Jakarta yang dikenal dengan nuansa mistisnya ialah Kawasan Wisata Kota Tua. Wajar saja, wilayah itu didominasi oleh bangunan-bangunan tua yang telah berdiri sejak zaman penjajahan.

Kondisinya sekarang memang jauh lebih baik dengan adanya penerangan yang memadai. Namun ternyata hal ini tak mengurangi nuansa mistis di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta, terlebih saat jalanan sepi lantaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ruas jalan di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta tampak lengang diapit bangunan-bangunan kuno. Selain itu, hal Transjakarta pun tampak kosong dan menambah kesan mistis di wilayah tersebut.

1 dari 2 Halaman

Toko Merah Kota Tua Jakarta

Belum lagi adanya mitos lokal mengenai salah satu bangunan di Kota Tua Jakarta, yaitu Toko Merah. Seperti namanya, gedung yang berlokasi di seberang halte Transjakarta Kota itu temboknya didominasi warna merah.

Konon, kerap ada penampakan hantu wanita yang muncul di jendela Toko Merah. Sosok ini jelas mengagetkan para pengendara yang melintas.

Ternyata, ada 2 versi dari urban legend Toko Merah. Saepul, seorang juru parkir yang beroperasi tepat di depan bangunan tersebut mengaku pernah melihat sesosok hantu wanita Belanda saat memotret seorang pengunjung.

2 dari 2 Halaman

Jalan di depan Museum Bank Indonesia

Lain halnya yang diungkap oleh seorang penjual kopi tepat di sebelah Toko Merah. Kabarnya, ia pernah melihat sesosok wanita Tionghoa yang juga mengenakan pakaian merah di balik jendela bangunan tua tersebut.

Kabarnya, wanita ini adalah anak dari pemilik Toko Merah yang diperkosa oleh penjajah Jepang hingga meninggal di gedung tersebut. Selain itu, terdengar juga isak tangis dan jeritan wanita dari dalam.

Tak hanya Toko Merah, jalanan di depan Museum Bank Indonesia juga tampak gelap. Suasanya semakin seram lantaran dikepung bangunan tua dan tak ada keramaian di sekitar daerah tersebut.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami