Jajal Cas Tesla Model 3 Pakai Sinar Matahari, Ternyata Butuh 100 Jam

Mengisi daya baterai Tesla Model 3 menggunakan sinar matahari bisa dilakukan, tapi butuh usaha ekstra.

Minggu, 21 Juni 2020 15:15
Jajal Cas Tesla Model 3 Pakai Sinar Matahari, Ternyata Butuh 100 Jam Isi ulang baterai Tesla Model 3 pakai sinar matahari (Youtuber/ItsYeBoi)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Seorang YouTuber bernama ItsYeBoi melakukan percobaan menarik dengan Tesla Model 3 warna merah miliknya. Seharusnya, mobil listrik tersebut mendapatkan asupan daya dari listrik.

Tapi kini ItsYeBoi mencoba menambah dayanya menggunakan sinar matahari. Dia memasanga panel surya besar untuk bisa menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi tenaga listrik.

Berhasilkah? Berhasil. Tapi itu semua tak mudah, butuh tambahan biaya dan juga waktu yang sangat lama.

1 dari 3 Halaman

ItsYeBoi harus menambahkan trailer di belakang Tesla Model 3 untuk mengangkut delapan panel surya besar seharga USD 2.500 atau Rp 35 jutaan (Kurs USD 1 = Rp 14.243). Panel surya itu juga harus diposisikan pada sudut yang efisien untuk menangkap sebanyak mungkin energi matahari.

Rupanya meski sudah diatur sedemikian rupa, masih butuh waktu lama untuk mengisi penuh baterai Tesla Model 3. ItsYeBoi menghitung, butuh waktu minimal 80 jam saat matahari terik untuk mengisi penuh baterai.

2 dari 3 Halaman

Sedangkan jika hari sedang cukup mendung atau cloudy, maka butuh 100 jam. Jika dalam satu hari panel surya yang tersambung dengan Tesla Model 3 mendapatkan sinar matahari selama 10 jam, maka butuh 10 hari untuk mengisi Tesla.

Beberapa mobil listrik seperti Toyota Prius Prime juga dilengkapi dengan panel surya untuk menambah tenaga. Tapi tenaga dari sinar matahari itu lebih dipakai untuk mengoperasikan AC atau audio.

3 dari 3 Halaman

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami