Jago Ngebut di Jalan Raya Belum Tentu Bisa Gymkhana

Gymkhana lumayan ramai ketika pereli Ken Block mengunggah sejumlah video di YouTube. Bertahun-tahun kemudian, kegiatan semacam ini berkembang termasuk di sepeda motor.

Jum'at, 14 Desember 2018 18:45
Pengendara motor lewati rintangan Gymkhana (Otosia.com/Nazarudin Ray)
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Gymkhana lumayan ramai ketika pereli Ken Block mengunggah sejumlah video di YouTube. Bertahun-tahun kemudian, kegiatan semacam ini berkembang termasuk di sepeda motor.

Satu kegiatan ini baru diadakan ketika Astra Honda Motor menyeleksi sejumlah rider Honda yang berkesempatan menjajal versi jalan raya dari motor MotoGP Marc Marquez, RC213V-S.

"Ini benar-benar mendidik dan menambah skill bagi para rider atau racer sekalipun. Laju (bisa melaju kencang) pada kendaraan belum tentu orang bisa melewati tahap ini karena ini detail," kata salah seorang peserta bernama Deni Gunawan dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Memang, gymkhana yang digelar Astra Honda Motor dibuat sedemikian detail dan seperti itulah sejatinya melatih diri dalam gymkhana.

Mereka harus mahir teknik pengereman, lalu kontrol kecepatan, serta handling. Dalam hal ini, peserta mungkin saja merasa sering menggunakan CBR dan berpengalaman saat touring.

Namun, touring punya trek lurus, dan belok. Sementara gymkhana punya tikungan patah, stop and go. Demikian halnya dengan kelincahan, kemampuan bermanuver, dan teknik mengambil tikungan.

"Misalnya bilang sudah sering naik motor, dia belum tentu kencang," kata Hendrik Ferianto, instruktur safety ridingi AHM.

Deni sebagai peserta merasa bahwa tantangan ini butuh konsentrasi tingkat tinggi dan kemampuan saat praktik. Ia pun sampai menyarankan agar mereka yang lolos dapat sertifikat.

"Diharapkan ke depan bisa diberikan piagam atau sertifikat karena ini tidak mudah," tambah Deni Gunawan.

Baca Ini Juga Dong Otolovers

(kpl/nzr/ahm)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami