Jadi Wali Kota Solo, Anak Jokowi akan Pakai Mobil Dinas Bekas FX Rudy

Anak Jokowi, Gibran akan memakai mobil dinas bekas FX Rudy. Kira-kira mobil apa yang dipakai?

Jum'at, 19 Februari 2021 18:45
Jadi Wali Kota Solo, Anak Jokowi akan Pakai Mobil Dinas Bekas FX Rudy KPU Tetapkan Gibran-Teguh Sebagai Pemenang Pilkada Solo. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka terpilih sebagai Wali Kota Solo. Tak lama lagi, ayah dari Jan Ethes itu akan menjadi orang nomor satu di kota tersebut.

Meski begitu, rupanya Gibran tak akan menggunakan mobil dinas baru. Ia tetap akan memakai mobil dinas bekas wali kota sebelumnya, FX Hadi Rudyatmo.

Seperti diketahui, FX Hadi Rudyatmo selama berdinas menggunakan mobil sedan Toyota Camry hitam, yang dibeli tahun 2012. Sedangkan wakilnya, Achmad Purnomo menggunakan mobil sedan merek Honda yang dibeli tahun 2016. Mobil tersebut nantinya akan digunakan sebagai kendaraan dinas Teguh Prakosa.

1 dari 2 Halaman

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan, dua pimpinan terpilih nanti masih akan menggunakan kendaraan dinas yang lama. Pasalnya anggaran saat ini lebih diprioritaskan untuk penanganan Covid-19. Sehingga tidak ada APBD 2021 untuk pengadaan mobil dinas baru.

“Tidak akan ada mobil dinas baru yang akan digunakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang baru. Ini karena Pemkot Solo tidak mempunyai anggaran untuk pengadaan dua mobil dinas baru,” kata Kabag Umum Setda Pemkot Solo Erwin Nugroho, Jumat (19/2).

2 dari 2 Halaman

Mantan ajudan Joko Widodo (Jokowi) Bumi, semasa wali kota Solo itu menilai, mobil dinas yang digunakan Wali Kota wakilnya itu saat ini masih layak digunakan. Meskipun secara fisik usia masih muda. Selain itu, lanjut dia, rekam jejak mobil ini tidak pernah rusak atau pun mogok.

Plh Wali Kota Solo Ahyani menambahkan pada pembahasan APBD 2021 dari tim anggaran Pemkot Solo tidak mengusulkan pengadaan anggaran dua mobil baru bagi wali kota dan wakil wali kota baru. Hal itu terjadi karena banyak anggaran yang difokuskan penanganan Covid-19.

"Saya rasa tidak ada masalah jika wakil wali kota baru gunakan mobil dinas lama. Kondisinya juga masih bagus dan layak pakai," tandasnya,

Selain itu, untuk mobil dinas khusus luar kota wali kota dan wakil wali kota Solo, dari Pemkot juga punya sendiri berupa mobil MPV Kijang, dan Pajero, Alphard. Ia memastikan operasional pimpinan baru nanti tidak akan terganggu meskipun memakai mobil dinas bekas.

Penulis: Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka.com

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami