Jadi Pesaing Toyota Aplhard, Mobil Asal Tiongkok Ini Jadi MPV Terkencang di Dunia

Selain menjadi MPV terkencang di dunia, Voyah Dreamer terbilang cocok sebagai lawan baru Toyota Alphard. Begini rinciannya.

Sabtu, 14 Mei 2022 11:32
Jadi Pesaing Toyota Aplhard, Mobil Asal Tiongkok Ini Jadi MPV Terkencang di Dunia Voyah Dreamer (carnewschina.com)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Segmen mobil Multi-Purpose Vehicle (MPV) punya peminatnya sendiri di berbagai negara. Di Indonesia mobil MPV tergolong laris, bahkan mempunyai banyak sub-segmen.

Sebagai contoh, kelas LMPV dipenuhi mobil keluarga seperti Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander, lalu Medium MPV yang dihuni oleh Toyota Kijang Innova dan Wuling Cortez, dan paling tinggi segmen Premium MPV berisi Toyota Alphard atau Hyundai Staria.

Khusus kelas Premium MPV, Toyota Alphard terbilang sebagai mobil paling sukses di kelasnya. Berdasarkan data whole sales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil tersebut mencatat penjualan lebih dari 300 unit. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibanding para pesaingnya yang belum menyentuh angka 100 unit.

Dengan demikian, untuk menyaingi Toyota Alphard membutuhkan banyak "senjata".

 

 

1 dari 4 Halaman

Voyah Dreamer

Voyah Dreamer mempunyai ground clearance yang rendah (carnewschina.com)

Di luar Indonesia, ada beberapa mobil yang terbilang cocok sebagai pesaing Toyota Alphard. Salah satunya adalah Voyah Dreamer yang baru-baru ini diluncurkan secara resmi di Cina. Melansir carnewschina.com, Rabu (11/5/2022), Voyah Dreamer mempunyai desain mengotak dan interior mewah, layaknya MPV Premium.

Ukuran bodi mobil ini tergolong bongsor dengan panjang 5.315 mm, lebar 1.985 mm, dan tinggi 1.820 mm. Sebagai komparasi, Toyota Alphard mempunyai dimensi lebih kecil, di mana panjang 4.945 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.895 mm.

Secara tampilan Voyah Dreamer mengusung desain yang mewah. Fascia depan mobil ini menjadi pusat perhatian dengan penggunaan grill depan yang besar, mendominasi sebagian besar wajah depan MPV ini.

2 dari 4 Halaman

Interior Voyah Dreamer (carnewschina.com)

Sementara dari samping ke belakang, minim tarikan garis agresif atau sporti. Voyah nampak memfokuskan desain yang minimalis, namun mempertahankan nuansa mewah. Pelek yang digunakan bermotif jari-jari dan ground clearance mobil ini hanya 125 mm.

Layaknya mobil asal Tiongkok modern, kabin Voyah Dreamer diberikan banyak sentuhan kemewahan dengan teknologi yang terkini. Paling mencolok adalah penggunaan tiga layar di dasbor depan.

Voyah Dreamer mempunyai konfigurasi tempat duduk 2-2-3 seperti Toyota Alphard, atau versi lebih mewah dengan konfigurasi 2-2 layaknya Lexus LM termahal. Yang pasti, kursi baris kedua mobil ini sudah captain seat untuk mendapatkan tingkat kenyamanan yang optimal.

3 dari 4 Halaman

MPV Terkencang

Sisi belakang Voyah Dreamer (carnewschina.com)

Voyah Dreamer juga dilengkapi peranti keselamatan canggih berstandar Level 2 autonomous system. Pada dasarnya fitur seperti Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keep Assist (LKA) dan Adaptive Cruise Control (ACC) sudah tersedia di mobil ini, meski hanya di trim tengah ke atas.

Tidak hanya itu, Voyah Dreamer digadang-gadang sebagai mobil MPV terkencang di dunia saat ini. Versi Electric Vehicle (EV) dari mobil ini disematkan sepasang motor listrik dengan semburan tenaga 435 hp dan torsi 620 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam diklaim bisa dicapai dengan angka 5.8 detik saja.

Sementara ada model range extender yang lebih mengutamakan jarak tempuh. Model ini sedikit lebih pelan di mana sepasang motor listriknya hanya menghasilkan 394 hp dan torsi 610 Nm. Akselerasi mobil ini lebih pelan di angka 6.6 detik. Setiap Voyah Dreamer mempunyai kecepatan maksimal 200 km/jam.

4 dari 4 Halaman

Voyah Dreamer (Istimewa)

Voyah Dreamer EV tersedia dengan pilihan baterai berukuran 82 kWh dengan klaim jarak tempuh 475 km atau baterai berkapasitas 108.7 kWh yang bisa membawa mobil ini berjalan sejauh 605 km.

Versi range extender mendapatkan baterai 25.57 kWh yang dipadu oleh mesin 1.500cc turbo. Jarak tempuh varian ini bisa mencapai 750 km.

Voyah Dreamer dibanderol mulai dari 369.900 Yuan atau Rp 799,9 juta (dengan kurs 1 Yuan = Rp 2.162,73), hingga tipe termahal dijual 639.900 Yuan atau Rp 1,38 miliar.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami