Jadi Ini Biang Kerok Kaca Mobil Berembun saat Hujan

Ada yang kaca mobilnya selalu berembun atau berkabut saat berkendara dalam kondisi hujan? Menyebalkan bukan, karena mengurangi jarak pandang.

Senin, 11 Februari 2019 14 : 15 WIB
ilustrasi kaca berembun (wonderhowto)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Ada yang kaca mobilnya selalu berembun atau berkabut saat berkendara dalam kondisi hujan? Menyebalkan bukan, karena mengurangi jarak pandang.

Jika itu terjadi, jangan sampai dibiarkan ya Otolovers. Terlalu berisiko. Apa sih penyebabnya?

Jawabannya, AC. Pendingin mobil itu menjadi salah satu sebab munculnya embun di kaca mobil, seperti dikutip dari laman Suzuki Indonesia.

Kabin mobil yang lembab karena banyaknya partikel air ketika terkena hawa dingin, memicu munculnya embun. Selain itu perbedaan suhu antara di luar kabin dan di dalam kabin juga bisa memunculkan si embun.

Nah, proses terbentuknya embun itu disebut dengan kondensasi. Ketika hujan, udara di dalam kabin awalnya akan mengikuti udara di luar yang mengandung kelembaban tinggi. Nafas manusia yang mengandung banyak uap air akan bertemu dengan tekanan udara dalam kabin itu.

Uap air yang sudah tak bisa ditampung, baik oleh tubuh atau udara kabin, secara otomatis akan mencari lokasi terdingin. Nah, yang paling dekat adalah kaca mobil dan terjadilah kondensasi pada kaca mobil. Kadar embun ini akan lebih banyak saat di dalam mobil diisi lebih dari satu penumpang.

Supaya kondensasi ini tak terjadi, pemilik mobil ada baiknya rutin melakukan perawatan AC secara berkala. Minimal setiap tiga bulan, filter kabin dibersihkan dan jangan lupa untuk mengecek tekanan freon.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)

TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami