Jabar Punya Mobil Maskara, Bisa Dipakai untuk PKK dan Sosialisasi Corona

Pemprov Jabar memiliki mobil serba guna bernama Maskara yang bisa dipakai oleh warga untuk berbagai aktivitas, termasuk sosialisasi terkait virus corona.

Rabu, 25 Maret 2020 11:15
Jabar Punya Mobil Maskara, Bisa Dipakai untuk PKK dan Sosialisasi Corona Mobil Maskara (Merdeka.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Akhir tahun lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan mobil serba guna untuk warga Jabar. Mobil itu dijuluki Maskara, yang artinya Mobil Aspirasi Kampungg Juara.

Dilansir dari website resmi Provinsi Jawa Barat, mobil Maskara ini adalah bentuk inovasi Pemdaprov untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Nantinya, Kepala Desa yang bertugas mengelola Maskara bagiamana mobi multii fungsi tersebut difungsikan.

Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum menjelaskan, mobil yang digagas oleh Pemprov Jabar itu bisa dipakai untuk berbagai hal sesuai kebutuhan Desa. Seperti mengangkut hasil pertanian, hiburan dan Pondok Bersalin Desa (Polindes).

Bahkan saat bencana tiba seperti banjir Cirebon beberapa waktu lalu mobil Maskara ikut membantu. "Ada fungsi hiburannya seperti layar tancap, hajatan dan poliklinik," katanya.

 

1 dari 3 Halaman

Sementara itu dalam kesempatan lain, dilansir dari Cianjurkab.go.id, Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi mengungkapkan, jika Mobil Maskara merupakan kendaraan multifungsi yang bisa digunakan oleh desa-desa yang sudah maju dan mandiri. Harapannya agar Desa tersebut terus berkembang dan menjadi motivasi untuk desa lain di Jawa Barat.

Secara teknis memang Pemprov tidak mengetahui desa mana saja di Jawa Barat yang memiliki kriteria untuk mendapatkan bantuan Mobil Maskara. Namun menurut Uu, hal tersebut dibutuhkan kerja sama dan peran aktif dari masing-masing Bupati di Jawa Barat untuk terus melaporkan desa di Jawa Barat yang sudah masuk kategori maju dan berkembang sehingga dari pihak Pemprov akan mensurvei dan mendatangkan Mobil Maskara ke Desa-Desa tersebut.

"Secara teknis, Pemprov tidak mengetahui desa yang membutuhkan kalau tidak berasal dari laporan Bupati setempat," ujarnya seperti yang dilansir dari Infodesaku.co.id

2 dari 3 Halaman

Mobil Maskara juga diterima oleh Desa Pawindan, di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Namun, uniknya di desa tersebut Mobil Maskara bukan hanya digunakan sebagai kegiatan acara pada umumnya maupun keadaan darurat seperti bencana. Mobil Maskara juga digunakan untuk kebutuhan pengajian rutin dan sosialisasi Maghrib mengaji.

Menurut Kepala Desa Pawindan, Mobil Maskara tersebut digunakan sebagai ajang kerohanian sesa, sehingga Maskara sangat bermanfaat bagi desa. Kami akan memanfaatkannya semaksimal mungkin.

"Untuk pengajian keliling dan sosialisasi Maghrib Mengaji," kata Kepala Desa Kepala Desa Pawindan Ahmad Kartoyo, beberapa Waktu lalu. (Sumber https://rmoljabar.id/)

3 dari 3 Halaman

Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Mobil Maskara juga sangat ampuh digunakan untuk mensosialisasikan terkait pencegahan penyebaran virus Corona di berbagai tempat di sekitar Jawa Barat.

Wagub Uu menjelaskan jika Mobil ini serba guna dan bisa digunakan di berbagai keadaan. Bentuknya yang simpel bisa menjangkau desa-desa bahkan kecamatan-kecamatan di Jawa Barat. Sehingga ia mengimbau jika Mobil Maskara tersebut bisa secara efektif digunakan untuk menekan angka penyebaran Corona di Jawa Barat seperti yang di lansir di jabarprov.go.id.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami